Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Contoh Bisnis Sampingan Mahasiswa

Bisnis sampingan mahasiswa adalah bisnis yang amat sangat perlu dilakukan oleh setiap mahasiswa. Sebab disamping dapat menjadi lebih mandiri, mahasiswa dapat memiliki pekerjaan sebelum lulus dari kuliah. Sehingga ketika sudah lulus dari pendidikan di perguruan tinggi, mahasiswa tidak perlu lontang-lantung mencari kerja kesana kemari.

Menjalankan bisnis ketika masih menjadi mahasiswa memang tidaklah mudah. Disamping kita harus belajar, bisnis juga sudah menanti untuk dikerjakan. Untuk itu, diperlukan semangat serta kerja keras yang ekstra dalam menjalani hidup ini.

Saya pribadi yang sekarang masih menjadi seorang mahasiswa serta baru saja memulai sebuah bisnis (belum ada satu tahun). Terkadang bingung, harus mengutamakan kuliah atau bisnis. Karena impianku yaitu lulus kuliah, saya sudah harus memiliki rumah sendiri.
Bila mengutamakan kuliah maka bisnis yang saya bangun bisa-bisa tidak bisa berkembang. Tetapi bila mengutamakan bisnis, maka kuliah yang saya biayai sendiri mahal-mahal bisa-bisa tidak maksimal. Serta bisa-bisa banyak nilai yang jelek sehingga peluang lulus dari bangku kuliah akan menjadi lebih lama.

Itulah pilihan yang harus saya hadapi, tetapi karena saya adalah seorang mahasiswa. Keutamaan saya tetap kuliah, dan untuk bisnis tetap berjalan walaupun tidak terlalu maksimal. Serta harapan mudah-mudahan ku dapat lulus lebih cepat dari bangku kuliah supaya nantinya dapat fokus untuk berbisnis.

Nah, bagi anda para mahasiswa yang juga ingin menjalankan bisnis atau usaha sampingan berikut bisnis-bisnis yang dapat anda jalankan:
  • Jualan pulsa, untuk bisnis ini dijamin anda tidak akan terganggu sebab bisnis ini bisa dijalankan kapanpun dan dimanapun. Serta yang diperlukan dari bisnis ini yaitu hanya sebuah ponsel.
  • Bisnis sesuai keahlian yang dimiliki, yaitu misal bila anda adalah seorang mahasiswa jurusan teknik Informatika yang sudah pandai membuat program atau website. Atau juga sudah pandai memperbaiki komputer atau memasang jaringan. Anda dapat menjalankan usaha jasa pembuatan website, jasa pembuatan program, jasa sersvis komputer atau juga jasa pemasangan jaringan.
  • Bisnis sesuai hobi, nah jika anda memiliki sebuah hobi. Anda juga dapat menjadikan hobi sebagai sampingan bisnis. Sebut saja hobi photografi dapat membuka jasa pemotretan pra wedding atau ketika pernikahan.
Itulah ulasan singkat serta contoh dari bisnis sampingan mahasiswa. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi semua mahasiswa yang ingin menjalankan sebuah bisnis. Tiada kata untuk menyerah dalam menghadapi cobaan karena semua cobaan pasti ada jalan keluarnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Bisnis Sampingan Mahasiswa