Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

5 Saran ‘Nyeleneh’ Bob Sadino Untuk Pebisnis Muda

Anda tentunya mengenal sosok yang bernama Bob Sadino. Bob Sadino selalu tampil cuek dan memiliki ciri khasnya sendiri yaitu mengenakan celana pendek pada setiap kesempatan. Dalam beberapa seminarnya, Bob Sadino kerap mengeluarkan pernyataan yang cukup kontroversial dan tidak lazim bagi peserta seminarnya yang kebanyakan adalah mahasiswa dan karyawan. Berikut adalah 5 saran dari Bob Sadino yang dinilai cukup ‘nyeleneh’ untuk para pebisnis muda.


1. “Jika ingin kaya raya, jangan pernah jadi karyawan.”
Bob Sadino pernah melontarkan pernyataan tersebut pada seminarnya yang pesertanya kebanyakan adalah karyawan. Pernyataan tersebut tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar. Meskipun tidak kaya, banyak karyawan yang hidupnya bahagia. Namun di sisi lain, ada juga yang bisa meraih kebahagiaan tanpa menjadi seorang karyawan dan hanya menjadi pebisnis.

2. “Kuliah itu bikin goblok, siapa yang hadir di seminar ini, besok jangan masuk kuliah.”
Sama seperti di atas, Bob Sadino melontarkan pernyataannya tersebut pada seminarnya yang kebanyakan pesertanya adalah mahasiswa. Mendengar pernyataannya tersebut, jelas saja peserta menjadi heboh sendiri, karena saat itu mahasiswa yang hadir kebanyakan mahasiswa baru. Meski demikian, pernyataan tersebut ada benarnya, karena kebanyakan orang kuliah namun kerja di bidang yang berbeda 180 derajat dengan kuliahnya dulu.

3. “IPK di atas 3 koma, alamat calon karyawan.”
Pernyataan tersebut sangat masuk akal. Biasanya orang yang pandai akan lebih memilih untuk mengaplikasikan ilmunya, dengan cara melamar kerja di perusahaan dan menjadi seorang karyawan. Meski begitu, makna lain yang bisa ditangkap dari pernyataan tersebut adalah jika ingin sukses, maka IPK harus jeblok, karena dengan IPK jeblok tersebut, tidak ada perusahaan yang mau menerima dan akhirnya terpaksa membuka bisnis sendiri.


4. “Kuliah itu hanya memasukkan ‘sampah’ ke kepala Anda.”
Pernyataan tersebut jelas mengundang protes peserta seminarnya yang merupakan mahasiswa. Jika nantinya hanya bekerja di bidang yang berbeda dengan jurusan kuliahnya, maka yang dipelajari saat kuliah akan menjadi sia-sia. Itulah maksud sampah yang ingin disampaikan oleh Bob Sadino. Namun pesan yang bisa diambil adalah jangan jadi orang yang belajar dari bangku kuliah, namun jadilah orang yang belajar dari kehidupan.

5. “Kalau ingin kaya, bisnis sayuran.”
Mudah saja, Bob Sadino merekomendasikan bisnis sayuran hanya karena beliau awalnya menjalankan bisnis sayuran. Ini membuktikan kalau ingin sukses, maka Anda harus konsisten.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Saran ‘Nyeleneh’ Bob Sadino Untuk Pebisnis Muda