Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Kiat Membuka Toko Online

Internet kini terkesan menjadi kebutuhan pokok bagi tiap orang. Melihat perkembangan dunia maya alias internet yang cukup pesat di Indonesia, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mulai membuka toko online. Anda bisa menjual beberapa produk yang bisa dijual secara online, seperti sepatu, buku, baju, tas atau barang kerajinan lainnya. Membuka toko online tentunya memiliki beberapa kelebihan, terutama dalam hal modal awal. 

Berikut adalah beberapa kelebihan membuka toko secara online.
1. Modal awal membuka toko online relative kecil, karena hanya digunakan untuk menyewa server yang akan menjadi situs jual-beli milik Anda.
2. Biaya operasional yang tidak tinggi, karena Anda tidak membutuhkan biaya untuk gaji karyawan, dana sosial atau biaya lainnya. Yang Anda perlukan hanyalah biaya internet dan biaya listrik tiap bulan.

3. Pelanggan Anda dapat mengunjungi toko Anda kapan dan dimana saja melalui internet.
4. Pelanggan dapat melihat katalog produk Anda dengan cepat karena yang perlu dilakukan adalah duduk di depan komputer dengan akses internet.
5. Pelanggan dapat langsung membandingkan harga dari suatu produk antara toko online satu dengan toko online yang lain.

Sementara kekurangan dari membuka toko online adalah:
1. Pelanggan tidak bisa memeriksa kondisi produk secara langsung.
2. Produk yang sudah dibeli pelanggan tidak bisa langsung diterima karena masih harus melalui beberapa proses, terutama proses pengiriman.
3. Pelanggan masih dibebankan biaya pengiriman.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, jika Anda masih berniat untuk membuka toko secara online, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.
1. Produk apa yang akan Anda jual, apakah barang atau jasa.
2. Untuk membuka toko online, Anda membutuhkan modal awal sekitar Rp 150 ribu. Namun idealnya Anda membutuhkan modal sebesar Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.
3. Anda harus mencari penyedia barang yang akan Anda jual, yang bisa Anda cari di situs-situs forum.
4. Menetapkan harga jual produk Anda, agar tidak merugi nantinya. Presentase keuntungan yang efektif adalah tidak lebih dari 10%.
5. Dapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya dan analisa usaha untuk menentukan langkah Anda selanjutnya.
Semoga membantu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kiat Membuka Toko Online