Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Kiat Usaha Katering Rumahan

Jika Anda adalah orang yang pandai memasak, Anda bisa menggunakan keahlian memasak Anda itu untuk mulai membuka usaha katering rumahan. Selain hobi Anda tersalurkan, Anda juga bisa menghasilkan uang dari hobi Anda tersebut.
Sebelum mulai menjalankan usaha katering rumahan, ada baiknya kalau Anda mempersiapkan hal-hal berikut ini:
1. Pilih jenis katering yang akan Anda jalankan, apakah katering khusus atau umum. Katering khusus biasanya hanya bisa disajikan untuk acara-acara tertentu saja, seperti misalnya acara syukuran, pesta, atau pernikahan. Sementara katering umum bisa disajikan kapanpun Anda mau.

2. Cari informasi mengenai kompetitor atau saingan usaha Anda yang sejenis, dalam hal ini katering rumahan. Infromasinya bisa meliputi harga, kualitas makanan atau kualitas penyajiannya. Ini dilakukan agar Anda makin siap menghadapi persaingan dalam usaha ini.
3. Hitung ongkos produksi, agar Anda tidak merugi nantinya.
4. Pada awal pembukaan usaha Anda, buatlah promosi seperti misalnya harga diskon untuk merayakan pembukaan usaha Anda.
5. Minta bantuan keluarga atau teman Anda untuk menjalani usaha katering ini, untuk menghemat biaya produksi.
6. Anda tidak perlu repot-repot mencari lokasi untuk membuka usaha katering Anda. Anda bisa menggunakan rumah Anda sendiri dan pemesanan bisa dilakukan lewat telepon.
Setelah semua dipersiapkan, Anda kini membutuhkan modal dan peralatan untuk membuka usaha katering rumahan ini, di antaranya adalah:
1. Peralatan memasak untuk memasak 100 porsi. Anda bisa menggunakan peralatan yang sudah ada di rumah Anda, tidak perlu membeli peralatan baru lagi.
2. Ruangan/dapur untuk katering rumahan.
3. Rak khusus untuk bumbu-bumbu dapur.

4. Uang untuk belanja bahan-bahan makanan. Modal yang Anda perlukan untuk berbelanja bahan-bahan makanan berkisar 60% dari harga makanan yang dipesan.
5. Pembayaran tempo. Sistem pembayaran ini diperlukan jika usaha Anda makin berkembang dan Anda mulai rutin menerima pesanan dalam jumlah banyak.
Untuk memasarkan usaha katering Anda ini, Anda bisa menyebarkan pamflet, brosur atau poster ke berbagai tempat. Jika Anda memiliki dana yang minim, Anda bisa menggunakan promosi lewat internet. Semoga tips ini membantu Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kiat Usaha Katering Rumahan