Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Membangun Usaha Game Center

Jika Anda adalah salah seorang yang gemar bermain game, maka hobi Anda tersebut bisa dijadikan lahan untuk menghasilkan uang. Caranya adalah dengan membangun sebuah usaha game center, atau banyak dikenal dengan istilah rental game. Usaha ini bisa dibilang cukup menjanjikan, karena yang bermain game ada dari semua kalangan, baik tua maupun muda, sehingga usaha ini tidak akan kehabisan pelanggan. Banyak juga di antara mereka yang bahkan sampai kecanduan bermain game, memungkinkan Anda sebagai pemilik game center bisa mendapatkan penghasilan lebih besar lagi.

Kini banyak juga beredar game yang terdapat di dalam ponsel atau gadget, namun karena keterbatasan, entah itu keterbatasan grafis, pemain atau yang lainnya, maka pemain game ponsel atau gadget merasa kurang puas. Oleh karena itulah, permainan berbasiskan televisi masih berpotensi tinggi untuk dijadikan usaha. Umumnya, di Indonesia sendiri ada tiga jenis rental perangkat game utama untuk dijadikan bisnis, yaitu rental PlayStation 3, Xbox 360 dan game PC. 

1. Rental PlayStation 3 PlayStation sendiri sudah memulai debutnya pada tahun 1994. Hingga kini, PlayStation sudah mencapai generasi ketiganya, yang bernama PlayStation 3. PlayStation 3 ini menawarkan grafis yang cukup menawan dan permainan yang beragam. Hal itu membuat PlayStation 3 cukup banyak dicari oleh para penggemar game. Untuk memulai usaha rental PlayStation 3 ini, Anda tentu saja membutuhkan perangkatnya, yaitu terdiri dari mesinnya, gamenya (berupa BluRay Disc atau dari HDD saja jika PS3-nya bajakan), dan dua buah stick. Harga PlayStation 3 itu kini bisa dibilang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 2,4 juta. Untuk harga sewa, Anda bisa memasang harga mulai Rp 5.000 per jam. 
2. Rental Xbox 360 Xbox 360 sendiri adalah rival dari PlayStation 3, meskipun banyak juga gamenya yang juga terdapat pada PlayStation 3. Yang membuatnya memiliki banyak peminatnya adalah adanya Kinect. Kinect sendiri adalah perangkat tambahan dari Xbox 360, dan gamenya juga khusus. Game Kinect membutuhkan gerakan khusus dari pemainnya tanpa perlu stick untuk bisa memainkan gamenya. Sensor Kinect bisa menangkap gerakan tubuh hingga empat orang, jadi bisa dimainkan beramai-ramai. Harga satu unit Xbox 360 beserta Kinect nya berkisar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta. Untuk harga sewa, rata-rata adalah Rp 10.000 per jam. 

3. Rental game PC Inilah usaha game center yang tidak pernah sepi pengunjung. Game PC menawarkan sesuatu yang tidak ada pada PlayStation 3 dan Xbox 360, yaitu bermain secara online. Meskipun kini ada juga game PS3 dan Xbox 360 yang bisa dimainkan secara online, game PC menawarkan banyak variasi game online dibandingkan dengan PS3 atau Xbox 360. Untuk langkah awal, Anda tentu membutuhkan sebuah perangkat konputer, install beberapa game dan jaringan internet yang stabil. Harga sewa bervariasi, namun rata-rata harganya sekitar Rp 6.000 per jam. 

Bagi Anda yang tertarik terjun ke usaha game center ini, baik PS3, Xbox 360 maupun PC, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan dalam dunia game agar lebih mudah mengelolanya. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan judul-judul game terbaru agar tetap bisa menarik pengunjung ke tempat Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membangun Usaha Game Center