Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Membuka Usaha Bidang Komputer

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, komputer bukanlah benda yang asing bagi kita masyarakat Indonesia. Selain itu, perkembangan komputer juga sangat pesat karena tiap tahun atau bahkan tiap bulan selalu saja ada perangkat komputer baru, baik dari perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunak (software)-nya.

Komputer tampaknya sudah menjadi kebutuhan. Lihat saja di sekeliling kita, apa-apa membutuhkan komputer, seperti urusan administrasi, pengiriman data, dokumentasi file, analisa data, multimedia dan lain sebagainya. Melihat situasi ini, Anda bisa mulai membuka usaha dalam bidang komputer. Usaha bidang komputer ini bisa dibilang tidak pernah mati karena selalu ada pelanggannya, bahkan pelanggannya akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi.
Anda berminat membuka usaha bidang komputer? Jika iya, maka Anda bisa memulai dari jenis usaha apa yang akan Anda pilih. Berikut adalah beberapa jenis usaha yang berkaitan dengan komputer.
1. Jual-Beli Perangkat Komputer dan Aksesorisnya
Untuk bisa membuka usaha jual-beli perangkat komputer dan aksesorisnya, tentunya Anda juga harus memiliki wawasan yang luas dalam bidang komputer, baik itu dari perangkat kerasnya hingga ke perangkat lunaknya. 
Selain itu Anda juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Perangkat keras komputer meliputi monitor, motherboard, HDD, RAM, VGA, dan lainnya. Sementara perangkat lunak biasanya berkaitan dengan program-program yang akan di-install dalam komputer tersebut. Untuk aksesorisnya meliputi flash disk, mouse, keyboard, atau  printer.

2. Jasa Rakit dan Servis Komputer
Usaha ini masih berkaitan dengan nomor 1 di atas. Maksudnya Anda bisa merangkap usaha jasa rakit dan servis komputer bersamaan dengan usaha jual-beli perangkat komputer. Usaha ini memiliki prospek yang cukup baik, karena banyak orang yang ingin meng-upgrade komputernya, entah itu RAM, VGA atau yang lainnya.
3. Usaha Rental Komputer
Bagi Anda yang lebih mengerti mengutak-atik perangkat lunak daripada perangkat keras, maka usaha ini cocok untuk Anda. Untuk bisa mendapatkan pasar yang baik, maka sebaiknya Anda memilih lokasi yang dekat dengan kampus, karena biasanya banyak mahasiswa yang membuat tugas atau mengetik skripsinya di rental komputer.

4. Pelatihan Komputer
Usaha ini bisa menguntungkan Anda dan pelanggan Anda. Dengan membuka usaha ini, maka pemula-pemula dalam bidang komputer akan menjadi terbiasa dengan komputer, Anda pun juga akan mendapatkan penghasilan. Biasanya pangsa pasar usaha ini adalah dari kalangan pencari kerja dan pelajar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuka Usaha Bidang Komputer