Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Membuka Usaha Bubur Ayam

Bubur ayam merupakan salah satu makan favorit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Biasanya bubur ayam ini dihidangkan pada pagi hari, entah dengan cara membuatnya sendiri atau membelinya dari tukang bubur ayam. Berhubung banyak peminat makanan bubur ayam, Anda bisa menggunakan peluang ini untuk membuka usaha bubur ayam sendiri.

Sebenarnya untuk memulai usaha ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu kreatif saja dalam usaha bubur ayam ini, karena banyak juga orang lain yang membuka usaha sama seperti Anda. Dalam membuka usaha bubur ayam, berikut hal-hal yang harus diperhatikan.


1. Anda memerlukan keahlian memasak bubur ayam. Jika tidak punya, maka Anda bisa menyewa tukang masak untuk memasakkan bubur ayam untuk Anda atau Anda bisa melakukan waralaba bubur yang sudah terkenal.
2. Mintalah keluarga, kerabat atau siapa saja untuk mencicipi bubur ayam kreasi Anda dan minta juga kritik dan saran mengenai apa yang kurang pada bubur ayam Anda.

3. Anda perlu mempersiapkan gerobak bubur ayam. Untuk menghemat biaya, Anda bisa menjadikan rumah Anda sendiri sebagai warung bubur ayam. Tentunya lokasinya harus strategis.
Mengenai modal awal, paling tidak Anda harus mempersiapkan dana sebesar Rp 4 juta, dengan rincian kasarnya Rp 1,5 juta untuk gerobak (jika diperlukan), Rp 250 ribu untuk peralatan memasak, Rp 850 ribu untuk 2 buah meja kayu panjang, Rp 1 juta untuk 10 kursi, serta Rp 650 ribu untuk kompor dan gas.

Setelah Anda mempersiapkan segalanya dan mulai berjalan, ada baiknya kalau Anda mengetahui kendala yang mungkin bisa terjadi saat Anda menjalani usaha bubur ayam ini. Berikut kendala-kendalanya.
1. Banyaknya alternatif makanan lain selain bubur ayam yang berada di sekitar lokasi tempat Anda membuka usaha bubur ayam. Agar pelanggan Anda betah dan merasa ingin kembali, Anda harus memberikan pelayanan yang maksimal.


2. Lokasi usaha bubur ayam yang kotor. Lokasi yang kotor bisa membuat pelanggan Anda tidak betah. Jadi usahakan agar lokasi yang Anda tempati selalu bersih.
3. Ada orang lain yang membuka usaha bubur ayam serupa dengan Anda. Jika ada, maka Anda harus pintar-pintar melakukan promosi, seperti misalnya beli bubur gratis pulsa, atau promosi unik lainnya, sehingga pelanggan akan tertarik ke tempat Anda.
Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuka Usaha Bubur Ayam