Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Membuka Usaha Laundry Kiloan

Mencuci pakaian menurut sebagian masyarakat, terutama ibu rumah tangga, merupakan pekerjaan rumah tangga yang cukup merepotkan. Mereka ingin pekerjaan tersebut bisa dilakukan tanpa menguras waktu dan tenaga, tidak repot serta membuat pakaian mereka wangi dan bersih. Karena kondisi seperti itulah, saat ini banyak orang-orang yang mulai membuka usaha cuci baju atau laundry kiloan. Anda pun bisa memulai untuk membuka usaha laundry kiloan ini.
 
Untuk memulai usaha laundry kiloan, Anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini.
1. Mengetahui cara mencuci yang baik dan juga mengetahui cara mengeringkan berbagai bahan atau jenis kain dengan baik agar pakaiannya tidak rusak.
2. Mengetahui cara untuk menghilangkan beberapa jenis noda pada pakaian.
3. Persiapkan mesin cuci dan peralatan lainnya seperti setrika. Jika Anda masih baru dalam usaha ini, persiapkan seadanya saja.

4. Perhitungkan gaji karyawan jika Anda memilikinya. Anda juga harus menambah karyawan jika usaha ini terus berkembang untuk pelayanan yang lebih baik.
5. Persiapkan juga meja, kursi, rak pakaian dan juga keranjang pakaian kotor sebagai peralatan penunjang.
6. Perhitungkan biaya operasional seperti biaya listrik, air, serta biaya untuk membeli deterjen dan pewangi.
Sebagai gambaran kasar, untuk membuka usaha laundry kiloan ini Anda membutuhkan modal awal sebesar Rp 13 juta, dengan rincian Rp 7,5 juta untuk 3 unit mesin cuci, Rp 500 ribu untuk 2 unit setrika listrik, serta Rp 5 juta untuk kursi, meja, rak, pewangi dan lain-lain. 
 
Tentu saja modal tersebut bisa berubah tergantung harga barang yang ada di lokasi Anda. Bisa lebih murah, bisa juga malah lebih mahal. Agar usaha laundry kiloan Anda ini bisa berjalan dengan baik, maka Anda perlu lakukan strategi usaha ini, seperti misalnya pemilihan lokasi yang tepat, pemberian harga yang tepat, atau melakukan pelayanan lebih seperti adanya jasa antar jemput. 

Anda juga bisa melakukan promosi agar pelanggan Anda tambah banyak, dengan cara menawarkan pulsa untuk pelanggan Anda, seperti yang sudah dilakukan di beberapa minimarket. Jadi Anda bisa melakukan dua usaha sekaligus. Semoga berhasil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuka Usaha Laundry Kiloan