Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Membuka Usaha Pembuatan Sepatu

Sepatu adalah salah satu bagian dari fashion. Selain bisa berfungsi untuk sekedar gaya, sepatu ini memiliki fungsi utama melindungi telapak kaki dari panas, benda tajam atau kotoran. Karena fungsinya itulah, sepatu bisa digolongkan sebagai kebutuhan bagi setiap orang dan tidak akan ada orang yang tidak membutuhkan sepatu. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk membuka usaha pembuatan sepatu, yang sudah pasti memberikan Anda penghasilan karena peminatnya tidak akan pernah berhenti.


Jenis sepatu ada bermacam-macam, seperti misalnya sepatu boot, sepatu kantor, sepatu ket, snicker, sepatu olah raga, sepatu pesta, sepatu kulit, sepatu hak tinggi dan beberapa jenis sepatu  lainnya. Sementara pembagiannya hanya ada dua jenis, yaitu sepatu wanita dan sepatu pria. Sepatu wanita meliputi flat shoes, sling sandals, ballet, pump, flat slingback, wedges toe, dan sebagainya. Untuk sepatu pria, biasanya modelnya tidak sebanyak sepatu wanita. Contohnya antara lain adalah sepatu boot, sepatu sport atau olahraga, sepatu casual, dan lain-lain.

Dari bermacam-macam jenis sepatu seperti yang telah disebutkan di atas, Anda bisa memilih untuk membuka sepatu tergantung  jenis sepatu yang ingin Anda produksi. Namun secara umum, bahan pembuatan sepatu terdiri dari kulit, sol luar, spon ati, paper tape, texon, vinil, benang jahit, kain lapis, amplas, kertas manila, dan lem sintetis/fox. Sementara alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat sepatu antara lain adalah gunting, palu, acuan, tang (catoet), tinta perak, pisau cutter, mesin amplas, kaki tiga, uncek, dan alat tulis seperti pensil. Untuk cara membuatnya Anda bisa mencarinya di internet atau membaca bukunya.


Untuk membuka usaha pembuatan sepatu ini, Anda membutuhkan modal sekitar Rp 5 juta jika usaha yang akan Anda lakukan itu merupakan usaha kecil-kecilan. Namun ada juga yang memulai usaha pembuatan sepatu ini dengan modal di atas Rp 30 juta agar dapat melakukan produksi dengan cepat. Sementara dari segi omzet, menurut beberapa pengusaha sepatu, keuntungan yang diperoleh berkisar 20%-40% dari jumlah produksi yang terjual.

Agar tidak kalah bersaing dalam usaha ini, sebaiknya Anda melakukan promosi lewat situs jejaring sosial, membuat model sepatu yang unik, atau membuat sepatu sesuai pesanan pembeli.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuka Usaha Pembuatan Sepatu