Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Peluang Usaha Membuka Studio Musik

Musik kini sudah dikenal oleh semua kalangan, baik anak-anak hingga dewasa. Sebagian di antara mereka ada yang hanya gemar menikmati musik, dan sebagian lainnya ada yang terjun langsung ke dunia musik sebagai musisi. Musisi-musisi handal mulai banyak bermunculan. Karena hal itulah, usaha membuka studio musik bisa menjadi usaha yang menjanjikan. 

Banyak orang mencari studio musik, entah itu untuk rekaman atau hanya untuk sekedar latihan. Satu-satunya kendala jika Anda ingin membuka studio musik adalah Anda membutuhkan modal yang cukup besar, sehingga banyak orang yang ragu-ragu untuk memulai usaha membuka studio musik tersebut. Meski demikian, jika Anda serius menjalani usaha ini, Anda akan mendapatkan penghasilan yang lumayan besar.
Jika Anda ingin memulai usaha membuka studio musik, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Di antaranya adalah:
1. Lokasi
Biasanya untuk lokasi, Anda tidak perlu menyewa tempat lain. Anda bisa menjadikan rumah Anda sebagai studio musik. Hal tersebut dilakukan tentu saja untuk menghemat biaya. Meski demikian, untuk memperbesar peluang, lokasi studionya harus strategis, seperti misalnya di dekat kampus atau sekolah.

2. Spesifikasi alat musik
Untuk spesifikasi, alat musik dibagi menjadi 3 kategori, yaitu alat musik lokal, alat musik berlisensi, atau build up (original/custom). Kualitas terbaik jelas jatuh kepada alat musik build up, karena memiliki biaya yang sangat tinggi, yaitu mencapai Rp 75 juta, bahkan lebih. Untuk kualitas menengah, Anda bisa memilih alat musik berlisensi, dengan biaya sebesar Rp 40 juta hingga Rp 75 juta. Sementara bagi Anda yang hanya memiliki dana terbatas, Anda bisa mencoba alat musik lokal, dengan biaya antara Rp 25 juta hingga Rp 35 juta.
3. Ruangan studio
Untuk ruangan, Anda membutuhkan minimal ruangan dengan ukuran 4x4 meter dengan tinggi 3 meter. Selain itu Anda juga harus memberikan peredam pada ruangan tersebut. Untuk bentuk, hindari ruangan yang berbentuk kubus.

4. Manajemen
Mengenai manajemen, semua harus dilakukan dengan rapi, terutama manajemen keuangan. Sebagai contoh ada biaya operasional perawatan alat musiknya, atau biaya listriknya. Semua harus terlaksana dengan cermat agar tidak merugi nantinya.

Semoga pedoman ini bermanfaat bagi Anda yang ingin terjun ke usaha rental studio musik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peluang Usaha Membuka Studio Musik