Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Usaha Jasa Cuci Motor

Di negara Indonesia, kendaraan bermotor yang lalu-lalang di jalanan didominasi oleh sepeda motor. Menurut data dari Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), jumlah sepeda motor di Indonesia pada tahun 2012 mencapai angka 77 juta unit, tepatnya 77.755.658 unit. Jumlah tersebut akan terus bertambah tiap tahunnya, bahkan tiap bulannya. 


Melihat jumlah sepeda motor yang sangat fantastis tersebut, Anda bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk mulai membuka jasa pencucian motor. Meskipun yang sudah melakukan usaha ini cukup banyak, namun usaha  ini merupakan usaha yang cukup menjanjikan, karena Anda tidak akan pernah kehabisan pelanggan.

Bagi Anda yang berniat untuk membuka jasa pencucian motor, berikut adalah persiapan yang yang harus Anda lakukan.
1. Siapkan tempat dengan ukuran minimal 4x3 untuk kapasitas 2-3 motor, serta siapkan juga kompresor, steam air, tabung cuci salju, spray gun, sampo, semir ban, obat poles bodi, sikat,kuas, dan lap kanebo. Selain itu, Anda juga harus merekrut tenaga kerja yang terlatih.

2. Untuk modal awal, Anda membutuhkan dana sebesar Rp 12,5 juta, dengan rincian Rp 6 juta untuk sewa tempat, Rp 6 juta lagi untuk membeli peralatan, serta Rp 500 ribu untuk biaya promosi seperti brosur, atau poster. Sementara untuk biaya operasional, paling tidak Anda membutuhkan dana sekitar Rp  3 juta per bulannya. Di sinilah Anda dituntut untuk pandai-pandai dalam mengatur keuangan agar tidak rugi.

Setelah persiapan tersebut Anda lakukan, berikut saya berikan tips agar Anda dapat menjalankan usaha pencucian motor ini dengan lancar.

1. Pilih lokasi yang strategis untuk lokasi usaha pencucian motor Anda. Strategis di sini maksudnya adalah tempat yang banyak dilalui oleh sepeda motor. Selain itu tempat pencucian motor Anda juga harus nyaman agar pelanggan merasa senang dan bisa kembali lagi ke tempat Anda nantinya untuk mencuci motor.


2. Utamakan kepuasan pelanggan dengan cara membersihkan motor milik mereka sebersih-bersihnya. Selain bersih, pencucian motornya juga harus dilakukan dengan cepat karena tidak ada pelanggan yang mau berlama-lama menunggu proses pencuciannya.

3. Jaga tingkah laku tenaga kerja Anda, jangan sampai ada komplain dari pelanggan terkait tenaga kerja Anda yang tidak sopan.


Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Usaha Jasa Cuci Motor