Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

6 Tips Sukses Bisnis Waralaba dari Ray Kroc

Bisnis waralaba atau franchise bisa dikatakan sebagai bisnis yang aman bagi mereka yang belum berpengalaman melakukan bisnis sendiri. Meskipun dikatakan aman, namun Anda tetap perlu cermat dan cerdas dalam memilih usaha waralaba yang akan Anda jalankan nanti. Bagi Anda yang masih bingung dalam menjalankan bisnis waralaba ini, Ray Kroc, pewaralaba pertama dan mantan CEO McDonald’s, mempunyai beberapa tips agar Anda bisa sukses dalam menjalani bisnis waralaba. Berikut tipsnya.
 

1. Temukan penjual waralaba berpengalaman
Agar sukses dalam berbisnis waralaba, tentunya Anda harus tahu kalau penjual waralaba tersebut merupakan orang yang berpengalaman dan sudah lama berkecimpung di bidangnya. Hal tersebut menandakan kalau penjual waralaba tersebut sudah terbukti sukses, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan rugi atau ditipu.

2. Pilih waralaba yang diterima oleh pasar
Waralaba yang diterima pasar akan memudahkan Anda dalam penerimaan pasar dan pengembangan usaha. Selain itu, waralaba yang diterima pasar itu juga harus yang kita sukai, agar tidak menjadi beban saat menjalankannya karena kita merasa enjoy melakukannya.

3. Pilih waralaba yang belum jenuh
Waralaba yang belum jenuh maksudnya adalah waralaba yang belum banyak atau masih dalam tahap perkembangan. Anda juga dituntut untuk peka terhadap jenis bisnis bersangkutan, termasuk tajam dalam melihat peluang pasar. Agar waralaba Anda bisa sukses, sebaiknya Anda memilih jenis usaha yang memiliki keunikan tersendiri.

4. Cermati isi perjanjian antara Anda dengan penjual waralaba
Mencermati isi perjanjian antara Anda dengan penjual waralaba harus dilakukan dengan seksama. Hal itu meliputi persentase uang muka atau royalti. Selain itu Anda juga harus melakukan waralaba yang sesuai dengan kemampuan dan budget Anda. Jangan memaksakan diri demi keuntungan.


5. Cari sistem yang mudah dipelajari
Sudah jelas, kalau semakin sederhana suatu sistem dan Anda juga mudah mempelajarinya, maka hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha dan mengembangkan bisnis Anda.

6. Ambil waralaba yang mendukung
Pilihlah waralaba yang memberikan dukungan berupa manajemen atau iklan. Usahakan jangan membeli waralaba yang sistemnya jual-beli putus. Selain risikonya lebih tinggi, sistem ini juga tidak cocok bagi Anda yang masih ingin coba-coba.
Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Tips Sukses Bisnis Waralaba dari Ray Kroc