Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Peluang Besar Usaha Pembuatan Keju

Saat ini tingkat konsumsi keju semakin tinggi. Hal ini tentu membuat peluang usaha pendirian pabrik keju semakin besar. Apalagi usaha pembuatan keju cukup menjanjikan bisa mendatangkan untung banyak. Namun sayang untuk saat ini produk keju masih banyak yang diimpor. Hal ini terkait minimnya jumlah orang yang terjun ke bisnis pembuatan keju. Kurang lebih sekitar tujuh pabrik saja yang berdiri di negeri ini dalam memproduksi keju.


Melihat peluang yang begitu besar seperti ini, tidak ada salahnya bagi anda yang sedang memikirkan bisnis apa yang tepat untuk saat ini mungkin bisnis pembuatan keju bisa menjadi pilihan anda. Jika anda memang berminat untuk membangun sebuah usaha pembuatan keju, anda bisa memulainya dari skala kecil atau rumahan. Namun tak ada salahnya jika anda yakin akan mampu meraup pasar bear anda langsung membangun pabrik pembuatan keju dengan kapasitas besar.

Satu hal yang perlu anda catat jika anda mempunyai keinginan untuk membangun usaha pembuatan keju, anda harus memastikan mampu mendapat pasokan susu yang berkualitas guna menjaga kualitas keju yang akan anda buat. Anda bisa mendapatkan susu yang berkualitas dari tempat pemerahan susu. Namun jika anda ingin mendapat pasokan susu yang stabil, anda bisa mengajukan kerja sama dengan koperasi susu. Apalagi koperasi susu memiliki kelebihan dalam penetapan standar produksi dan kualitas susu.


Selain dari susu, keju juga bisa anda buat dari balok-balok keju cheddar. Namun biasanya untuk balok-balok keju seperti ini anda harus mengimpornya dari luar negeri. Tentu menambah biaya produksi tersendiri bagi anda. Cara pengolahan keju padat pun hamper sama dengan cara pembuatan keju dari susu segar. Keju padat tersebut harus di pasteurisasi pada suhu 850C. hal ini dilakukan guna membunuh bakteri-bakteri tak berguna yang ada pada keju. Proses pasteurisasi sendiri memakan waktu sekitar 3-10 menit. Setelah itu keju didinginkan dalam sebuah ruangan sekitar 24 jam baru setelah itu keju bisa di kemas.

Mungkin bisnis ini sangat menjajikan. Mengingat beberapa makanan saat ini kebanyakan menggunakan keju sebagai salah satu bahan makanan contohnya pizza dan roti. Apalagi para kalangan remaja saat ini memang terlihat lebih menyukai keju ketimbang generasi terdahulu kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peluang Besar Usaha Pembuatan Keju