Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips Investasi Pemula

Investasi, dikenal juga sebagai penanaman modal, adalah suatu bentuk usaha yang diharapkan dapat memberikan untung dari akumulasi harta ataupun benda. Mengapa diharapkan? Karena investasi tak menjamin anda akan mendapatkan keuntungan yang telah diprediksi sebelumnya. Investasi juga dapat memberikan kerugian kepada anda, dan banyak sekali faktor yang dapat membuat anda merugi. 

Tentu sebagai pemula, anda tak ingin investasi yang baru anda mulai hanya berujung pada kebangkrutan. Maka, anda harus mengetahui tiga kriteria investasi, yaitu pertumbuhan, penghasilan dan resiko. Kriteria investasi pertumbuhan adalah investasi yang nilainya akan terus naik meskipun barang yang anda miliki didiamkan. Kriteria penghasilan adalah investasi yang dapat memberikan dana tunai per bulannya sebagai keuntungan. Dan kriteria resiko yang merupakan kemungkinan kerugian investasi yang menentukan besar kecilnya kerugian yang ditimbulkan pada investasi anda.

Lalu, bagaimana cara memilih investasi yang baik? Pertama, sesuaikanlah dengan kriteria anda. Kriteria investor dapat dilihat dari seberapa beranikah ia menanggung kemungkinan kerugian. Jadi, secara umum terdapat tiga kriiteria investor, yaitu konservatif, agresif, dan moderat. Konservatif adalah investor yang selalu mencari aman dengan menghindari resiko kerugian, sedangkan agrsif adalah investor yang selalu bermain dalam bisnis beresiko tinggi, dan moderat adalah investor yang berada di tengah – tengah antara agresif ataupun konservatif.

Setelah mengetahui kriteria anda, pilihlah investasi yang memenuhi dua dari tiga kriteria suatu investasi. Tentu kita sangat menyadari bahwa ketiga faktor tersebut tak dapat dipenuhi dengan sempurna. Dengan menggabungkan dua karakter investasi, anda dapat menentukan pada bidang apa anda akan berinvestasi. Untuk investor yang memilih kriteria pertumbuhan dan resiko, investasi rumah kontrakan adalah pilihan yang tepat. Dan untuk pertumbuhan dan penghasilan, berdagang mungkin dapat menjadi list pertama. Dan untuk resiko kecil dan penghasian, deposito merupakan investasi yang tepat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Investasi Pemula