Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips Bisnis Laundry Bagi Pemula

Salah satu bidang bisnis yang kini sedang berkembang adalah bisnis laundry. mengapa laundry? laundry sangat membantu mereka yang memiliki mobilitas kegiatan sehari – hari yang sangat tinggi hingga tak ada lagi waktu yang tersisa hanya untuk sekedar mencuci baju. Dengan adanya jasa laundry, konsumen sangat dimudahkan karena mereka tak perlu lagi repot untuk memikirkan mengenai kebersihan dan kerapihan baju yang akan mereka cuci. Besarnya peluang bisnis laundry, menginspirasi sebagian orang untuk terjun ke dalam bisnis ini. 

Sebelum anda benar – benar terjun ke bisnis laundry, ikutilah bebrapa tips dibawah ini. Pilihlah segmen pasar yang tepat. Yang dimaksud dengan segmen pasar adalah kalangan masyarakat yang akan anda pilih sebagai sasaran konsumen anda. Apakah menengah ke atas ataukah menengah ke bawah. Namun, jika anda memulai bisnis laundry benar – benar dari awal, sebaiknya anda memilih segmen pasar menengah ke bawah yang potensi pasarnya lebih besar. Sedikit tips, jika anda memilih segmen pasar menengah ke atas, sebaiknya anda telah menggandeng merk dagang bisnis laundry yang sudah terkenal dengan sistem membeli merk dagang. 

Kalangan menengah atas akan lebih mempercayai layanan jasa yang sudah memiliki nama besar. Siapkan peralatan. Alat – alat pendukung bisnis adalah investasi. Investasi untuk membuat bisnis anda terus berjalan dan menghasilkan keuntungan bagi anda. Tentu anda sudah tahu peralatan apa saja yang diperlukan untuk memulai sebuah bisnis laundry, seperti mesin cuci, mesin pengering, setrika (prefer setrika uap), timbangan digital dan berbagai produk pembersih dan pengharum pakaian. 

Adapun peralatan pendukung administrasi bisnis anda seperti mesin kasir, pesawat telepon, dan bahkan handphone. Juga, jangan lupakan untuk menyediakan tenaga kerja yang memadai.  Jumlah tenaga kerja untuk bisnis laundry berkisar lima orang. Satu orang sebagai front liner sekaligus administrasi, satu orang sebagai operator mesin cuci, dua orang sebagai operator setrika, dan satu orang untuk packing.


PROMOSI! Promosi adalah hal yang sangat amat penting sekali dan juga faktor yang menentukan kesuksesan bisnis anda. Anda harus memanfaatkan setiap media promosi secara maksimal seperti brosur, pamflet, media internet, bahkan melalui blackberry atau aplikasi chatting terkenal lainnya. Buatlah iklan dengan materi yang unik. Berikan juga layanan tambahan seperti delivery service, atau berbagai promo menarik lainnya seperti cuci 10x gratis 1x, dan sebagainya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Bisnis Laundry Bagi Pemula