Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips mengatur keuangan bisnis untuk pemula

Setelah kita memiliki satu bidang bisnis dan larut untuk menekuninya sering sekali kita kemudian lalai akan masalah keuangan yang sebenarnya tidak kalah penting untuk di perhatikan. Banyak kejadian dimana banyak pebisnis pemula yang menanjak grafik bisnisnya dengan signifikan namun tidak memiliki tambahan modal dan masih sering kesulitan untuk mengembangkan dan membiayai usaha. Usut punya usut ternyata masalahnya ada pada sistem keuangan bisnis yang tumpang tindih, tidak memiliki pembagian yang baik antara keuangan bisnis dan pribadi.


Berikut kami coba tampilkan berbagai tips dan kiat agar bisa memanajemen keuangan dengan benar sehingga bisnis dapat di topang oleh keuangan  yang sehat dan baik.
-    Pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis
Untuk berbagai keperluan bisnis sebaiknya kita memiliki rekening yang berbeda antara rekening bisnis dan pribadi. Penggunaan rekening pribadi dengan bisnis yang tumpang tindih akan membuat kita tidak mengetahui anggaran yang pasti dan tepat berapa yang harus kita pakai untuk bisnis dan berapa yang harus kita keluarkan untuk kebutuhan pribadi. Jangan sampai modal dan uang untuk bisnis banyak terpakai untuk kebutuhan pribadi.

-    Atur perencanaan keuangan dengan baik
Untuk pebisnis yang sudah besar tentu sudah memiliki staf keuangan yang mengatur dan mencatat pengeluaran dan pemasukan bisnis sehingga kita bisa tahu laba, rugi kebutuhan dan belanja anggaran bisnis yang terjadi. Namun hal berbeda terjadi untuk pebisnis pemula yang masih kecil dan belum memiliki perencanaan keuangan yang baik. Sering sekali mereka lalai dan abai terhadap perencanaan keuangan sehingga belum mengetahui persis keadaan keuangan bisnis mereka.

-    Sisihkan waktu untuk mengatur dan memantau keuangan
Saat seseorang sedang mengembangkan usaha dan sibuk dengan kemajuan usaha yang terjadi, para pebisnis pemula ini sering sekali hanya berfokus dan tercurah kepada bisnis yang mereka jalankan dan tidak mencurahkan perhatian terhadap keuangan yang terjadi pada bisnis mereka. Inilah yang harus di perhatiakan, agar kemajuan bisnis bisa sejalan dengan kemajuan keuangan maka penting untuk mengurus keuangan walaupun bisnis anda baru berkembang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips mengatur keuangan bisnis untuk pemula