Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Berbisnis Sambil Berwisata dengan Membuka Usaha Agen Perjalanan Study Tour

Dari zaman sekolah, tentu kita pernah merasakan ikut study tour. Hal ini dilakukan untuk membawa para siswa berwisata sambil belajar. Biasanya sekolah atau perguruan tinggi mengadakan kegiatan ini secara rutin setiap tahun, atau bahkan setiap semester. Ini menjadi peluang bisnis bagi kita untuk membuka usaha agen perjalanan wisata khusus study tour. Kelihatannya memang sulit untuk dijalankan. 

Tetapi jika kita tahu caranya, pastinya tidak akan terasa sulit. Untuk dapat mendapatkan pelanggan dari sekolah-sekolah atau perguruan tinggi, kita perlu menjelaskan bahwa pelayanan study tour yang akan kita jalankan sudah berupa paket yang mengurus semua keperluan perjalanan. Dari mulai transportasi, akomodasi, sampai pemesanan tiket di objek wisata. Untuk transportasi, dengan pertimbangan yang pastinya akan membawa puluhan bahkan ratusan siswa, maka perlu kendaraan bis pariwisata.


Kita tidak perlu menunggu sampai bisa membeli beberapa armada bis untuk menjalankan bisnis ini. Kita bisa menyewanya lengkap beserta pengemudinya. Kini sudah banyak perusahaan bis pariwisata yang menyewakan armadanya, kita hanya tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah armada bis dengan kondisi yang prima, karena ini menyangkut kelancaran dan keselamatan selama perjalanan.

Bisnis ini memerlukan kebutuhan akomodasi. Akan lebih mudah jika kita memiliki relasi yang mempunyai bisnis di bidang penginapan dan perhotelan. Kita bisa bekerja sama dengannya. Kalaupun tidak punya relasi, jangan malu dan ragu untuk mendatangi setiap hotel atau penginapan untuk menanyakan apakah bisa bekerjasama dan menawar diskon jika membawa rombongan wisata. 

Begitu pun untuk keperluan makan. Bekerja samalah dengan berbagai restoran atau katering untuk keperluan makan para siswa dan guru selama berwisata. Untuk tujuan wisata, kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan study tour. Biasanya study tour itu berkunjumg ke tempat wisata yang juga bisa dijadikan ajang belajar para siswa. Maka cari tahulah objek wisata yang bisa dijadikan ajang belajar seperti museum, taman buah, wisata alam, peninggalan sejarah, dan sebagainya.

Jalinlah hubungan dengan beberapa pengelola objek wisata untuk mendapatkan informasi paket wisata. Untuk menjalankan bisnis ini diperlukan beberapa orang anggota tim yang dapat berkoordinasi dengan baik. Carilah beberapa orang yang bisa menjadi pemandu wisata. 

Untuk urusan pemandu wisata, bisa kita dapatkan dari mahasiswa yang ingin magang. Untuk awal membuka bisnis ini, kita harus menjemput bola dengan menawarkan jasa study tour ini ke sekolah-sekolah atau perguruan tinggi. Membuka bisnis seperti ini, selain mendapatkan untung yang menjanjikan, kita sebagai pemilik usaha juga bisa ikut berwisata.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berbisnis Sambil Berwisata dengan Membuka Usaha Agen Perjalanan Study Tour