Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Cara Mendirikan Usaha Penerbitan Buku

Buku merupakan jendela ilmu. Itulah sebuah kalimat mutiara yang banyak dipergunakan orang untuk menggambarkan pentingnya buku. Buku sangat diperlukan sebagai media untuk menyampaikan ilmu atau informasi tertentu. Buku menjadi kebutuhan bagi semua lapisan masyarakat, dari mulai pelajar sekolah, mahasiswa universitas, sampai tenaga profesional. 

Mereka semua membutuhkan buku sebagai sarana mendapatkan ilmu teori pelajaran atau panduan dalam melatih skill profesional. Karena hal-hal itulah, kita dapat memanfaatkannya untuk membuka usaha penerbitan buku. Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuka usaha penerbitan yaitu menentukan jenis buku apa yang akan diterbitkan. 


Apakah buku pelajaran, buku fiksi (novel, kumpulan cerpen, dll), atau buku nonfiksi. Naskah buku bisa karya Anda sendiri atau karya orang yang Anda tawarkan naskahnya untuk diterbitkan. Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membuat badan usaha. Membuat badan usaha diperlukan untuk mendapatkan nomor ISBN di Perpustakaan Nasional. Membuat badan usaha dapat dilakukan di kantor notaris terdekat. Badan usaha bisa berupa perusahaan komanditer (CV) atau perseroan terbatas (PT).

Jika sudah ada badan usaha, maka yang Anda lakukan yaitu menentukan naskah buku pertama yang akan Anda terbitkan. Jika sudah menentukan sebuah naskah, Anda perlu menyunting naskah, menentukan tata letak, membuat ilustrasi jika diperlukan, serta membuat desain sampul. Anda dapat mempekerjakan orang yang ahli dalam melakukan hal-hal tersebut. Setelah semua materi buku sudah jadi, Anda perlu mengurus ISBN (International Serial Book Number) ke Perpustakaan Nasional.

Setelah itu Anda harus bekerja sama dengan sebuah percetakan untuk mencetak naskah yang sudah jadi tersebut menjadi buku. Banyaknya eksemplar yang dicetak itu tergantung kemauan Anda. Hal itu tergantung skala penerbitan yang akan Anda buka.  Setelah semua buku tercetak maka tinggal dipasarkan. 

Berbagai opsi cara pemasaran buku dapat Anda pilih. Yang termudah yaitu dengan menjualnya secara online. Namun jika Anda bermaksud memasarkan di toko buku, Anda dapat menitipkan pada distributor buku agar buku-buku Anda dapat dijual di toko-toko buku besar. Banyak distributor buku yang bertebaran, Anda tinggal mencari informasi tentang bagaimana cara bekerja sama dengan mereka.

Keuntungan dari membuka penerbitan buku cukup menjanjikan. Kunci suksesnya yaitu ada pada kualitas isi buku. Anda perlu mendalami pengetahuan tentang kualitas isi buku serta selera pembaca yang sedang tren untuk membuat buku-buku Anda unggul dari para pesaing penerbit lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mendirikan Usaha Penerbitan Buku