Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Meneguk Untung dari Keindahan Ikan Cupang Hias

Masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan ikan cupang. Sedari kecil setidaknya kita pernah memelihara ikan cupang dengan tujuan untuk diadu dengan ikan cupang kepunyaan teman. Ya, sebagian besar masyarakat Indonesia setidaknya tahu tentang ikan cupang aduan. Padahal, selain ikan cupang aduan ada juga jenis ikan cupang hias. Ikan cupang hias ini memiliki sirip yang lebih besar dengan berbagai warna yang indah. 

Karena itulah ikan ini disebut ikan cupang hias. Untuk diketahui, di Indonesia masih sangat banyak orang yang menggemari memelihara ikan cupang hias ini. Hal ini menjadi peluang untuk berbisnis. Ikan cupang hias ada beberapa jenis. Diantaranya yaitu halfmoon. Sesuai namanya, ikan ini memiliki ekor yang sempurna berbentuk setengah lingkaran lebar yang indah. Jenis ini pertama kali dibudidayakan pada tahun 1982 di Amerika Serikat oleh Peter Goettner. Ada pula jenis crowntail atau orang Indonesia biasa menyebutnya cupang serit. 


Jenis ini memiliki ekor lebar yang sisinya bergerigi menyerupai sisir. Jenis ini pertama kali dibudidayakan oleh seorang peternak di Jakarta pada tahun 1997. Adapun jenis cupang plakat. Jenis ini hampir mirip cupang aduan karena sirip-siripnya yang tidak terlalu lebar. Tetapi warna dari jenis ini lebih bervariasi dan lebih indah dibandingkan dengan ikan cupang aduan. Jenis yang terakhir yaitu double tail atau orang Indonesia menyebutnya dengan cupang cagak. 

Sesuai namanya, cupang jenis ini memiliki ekor yang unik yaitu di bagian tengah ekornya seperti terbelah menjadi dua secara simetris. Selain keunikan tersebut, jenis ini memiliki keunikan lain yaitu sirip atas dan bawah memiliki bentuk dan ukuran yang sama persis, sehingga jika mengembang, keseluruhan sirip dan ekor bisa berbentuk lingkaran sempurna. Bisnis ikan cupang hias bisa dimulai dengan membudidayakannya. 

Cara mengembangbiakkan ikan cupang cukup mudah dan tidak rumit. Media pemeliharannya pun tidak memerlukan tempat yang sangat besar. Ada berbagai panduan yang dapat memandu Anda tentang bagaimana membudidayakan ikan cupang hias. Pembeli ikan cupang hias bisa berasal dari pecinta ikan cupang, pedagang ikan hias, sampai eksportir ikan hias. 

Harga cupang hias yang tidak semurah ikan hias lain menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Bahkan jika Anda memiliki cupang hias dengan kualitas yang tinggi Anda bisa ikut kontes yang jika menang maka cupang Anda akan memiliki harga hingga puluhan juta rupiah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Meneguk Untung dari Keindahan Ikan Cupang Hias