Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Merawat Hewan-hewan Lucu dengan Membuka Pet Shop

Semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki hewan peliharaan. Dari mulai kucing, anjing, kelinci, marmut, bahkan sampai berbagai jenis reptil. Untuk masyarakat kalangan menengah ke atas, biasanya mereka memiliki hewan peliharaan yang jenisnya merupakan jenis hewan yang mahal. Contohnya untuk kucing, mereka memelihara kucing ras seperti jenis anggora dan persia.

Karena mereka memelihara hewan peliharaan di rumah, maka hewan tersebut mereka usahakan agar tetap bersih, sehat, dan terawat. Inilah peluang bagi para pengusaha yang juga pecinta hewan untuk membuka usaha pet shop atau toko hewan peliharaan. Selain menjual hewan, biasanya pet shop juga memberikan layanan perawatan, penitipan, dan penjualan barang-barang kebutuhan hewan peliharaan.


Untuk memulai usaha ini perlu memiliki modal finansial yang kuat. Tapi selain memiliki modal keuangan, pengusaha yang ingin menjalankan bisnis ini harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menangani hewan peliharaan, serta naluri kasih sayang terhadap hewan. Setelah itu hal yang perlu dipersiapkan yaitu menentukan jenis layanan apa saja yang dihadirkan di pet shop yang akan dibuka.

Apakah khusus menjual hewan saja, perawatan, menjual makanan, atau khusus menjual aksesori dan mainan binatang peliharaan saja. Jika ingin total, seharusnya semua pelayanan itu ada dalam sebuah pet shop. Kemudian tentukan juga jenis binatang apa saja yang bisa dilayani dalam pet shop. Untuk permulaan, kita bisa menjual dan merawat kucing dan anjing saja.  Kita harus memiliki beberapa ekor kucing dan anjing sebagai daya tarik terhadap pelanggan. 

Jenis kucing yang paling digemari diantaranya kucing anggora, persia, dan manx. Untuk anjing, yang paling banyak digemari diantaranya pekingesse, puppy, kintamani, maltase, bulldog, dan poodle. Hal yang harus dipersiapkan selanjutnya yaitu tempat usaha. Tempat usaha yang baik untuk menjalankan bisnis ini yaitu di pinggir jalan yang letaknya di dekat pemukiman kalangan menengah ke atas. 

Tempat usaha haruslah cukup luas untuk meletakkan kandang, tempat perawatan, tempat bermain hewan, dan ruangan untuk menempatkan berbagai keperluan usaha lainnya seperti makanan dan obat-obatan hewan.

Untuk promosi yang paling efektif yaitu dengan membuat brosur yang disebarkan langsung ke rumah-rumah di sekitar tempat usaha ini. Hal ini didasarkan pada pertimbangan pemelihara hewan yang ingin melakukan perawatan hewan kesayangannya di tempat yang tidak jauh dari rumah mereka. Selain itu, kita juga bisa berpromosi melalui media sosial atau blog di internet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Merawat Hewan-hewan Lucu dengan Membuka Pet Shop