Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Peluang Bisnis Pelayanan Kebersihan

Kebersihan menjadi kewajiban bagi setiap orang. Kantor atau pun rumah tangga membutuhkan tempat yang bersih. Seperti yang kita ketahui, pertumbuhan kantor dari yang skala kecil sampai yang besar sedang menggeliat naik. Hal ini dimanfaatkan beberapa pengusaha untuk membangun bisnis jasa pelayanan kebersihan (cleaning service). 

Untuk membangun bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang kecil. Namun seiring berjalannya bisnis, kita bisa membuatnya tumbuh menjadi bisnis yang besar. Walaupun sepertinya terlihat mudah dalam menjalankan bisnis ini, tetapi tetap saja harus dipersiapkan strategi jitu dan kerja keras untuk dapat menjalankannya.


Untuk memulainya kita harus menentukan jenis pelayanan apa yang akan kita sediakan. Contohnya untuk pelayanan kebersihan kantor, kita bisa melakukan pembersihan kantor secara mendasar seperti membersihkan lantai, membersihkan karpet dengan vacuum cleaner, membersihkan kamar mandi, membersihkan perabotan kantor, atau mengosongkan tempat sampah. Jika baru memulai, kita tidak perlu membeli alat-alat kebersihan yang terlalu mahal. 

Cukup dengan alat-alat sederhana seperti sapu, alat pengepel lantai, kain lap, penyedot debu sederhana, dan ember. Jika usaha kita mulai berkembang, kita bisa menambahkan alat-alat yang lebih canggih seperti polisher untuk memoleskan permukaan keramik, marmer, granit, atau teraso. 

Untuk menyiasati efisiensi pembelian alat-alat kebersihan yang canggih, kita bisa membeli alat-alat second. Untuk cairan pembersih, kita tidak perlu membeli yang bermerk terkenal. Cairan pembersih curah harganya bisa setengah harga dari yang bermerk. Ini bisa menjaga efisiensi pengeluaran.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menjalankan bisnis ini yaitu alat transportasi. Jika hanya membawa peralatan kebersihan dasar seperti penyedot debu, sapu, kain pel, dan semacamnya, kita hanya memerlukan sepeda motor. Namun jika membawa polisher maka kita perlu membawa mobil atau mobil box. Jangan panik dulu, kita bisa menyewanya.

Seperti bisnis yang lain, bisnis pelayanan kebersihan ini pun membutuhkan perencanaan dan kerja yang baik. Kerjakan setiap pekerjaan secara maksimal. Bersihkan dengan benar-benar bersih dan jangan sampai ada barang milik pelanggan yang rusak atau hilang. 

Hal ini perlu dilakukan agar mendapatkan kepercayaan oleh pelanggan dan siapa tahu mereka akan terus menggunakan jasa bisnis kita. Untuk pertama-tama kita bisa menawarkan jasa usaha kita kepada rumah tangga atau kantor-kantor kecil. Nanti jika sudah berkembang, kita bisa menawarkan jasa kebersihan kepada kantor-kantor gedung pencakar langit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peluang Bisnis Pelayanan Kebersihan