Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Peluang Usaha Event Organizer Seminar

Seminar merupakan sebuah kegiatan yang mempertemukan pembicara dan penyimak yang bertujuan untuk berbagi ilmu. Tema seminar bisa berbagai jenis. Diantaranya tentang pendidikan, keterampilan, atau motivasi. Banyak kalangan yang ingin mengikuti seminar untuk menambah pengetahuan atau keterampilan mereka. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk membuka usaha event organizer (EO) seminar.

Bagi para calon pengusaha muda yang merupakan mahasiswa yang pernah aktif dalam Badan Eksekutif Mahasiswa tentu akan mudah menjalankan bisnis ini.  Karena sebagai pengurus BEM pastinya Anda pernah juga membuat seminar yang diperuntukkan untuk kalangan internal kampus. Nah, dengan mendirikan EO yang khusus membuat acara seminar untuk kalangan umum, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan dari sana. 



Ada banyak pembicara yang bisa Anda undang untuk mengisi seminar Anda nantinya. Anda bisa mengadakan event seminar misalnya dengan tema pelatihan penulisan kreatif, wirausaha, ESQ, pengembangan diri, atau motivasi secara umum. Tiket masuk para peserta dan dana dari sponsor merupakan sumber penghasilan dari bisnis EO ini. Usaha dapat dimulai dengan membentuk sebuah tim. 

Tim ini bisa Anda bentuk bersama teman-teman Anda. Untuk memulai, lima orang tim inti sudah cukup. Nantinya bisa ditambah tergantung situasi dan kondisi. Setiap anggota tim diharapkan memiliki kemampuan manajerial yang baik. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu dengan menunjuk satu orang sebagai direktur keuangan. Karena sebagai EO pemula belum ada banyak sponsor yang bisa diajak kerja sama, jadi harus memaksimalkan dana sendiri terlebih dahulu.

Nanti ketika mulai berjalan, Anda harus bisa melakukan kerja sama dengan berbagai sponsor.Ketika memulai membuat suatu event, lakukanlah pembagian pekerjaan dengan penjelasan pekerjaan yang jelas. Kesuksesan suatu event tentu bergantung dari koordinasi dan kerjasama tim. Kemudian buatlah daftar segala keperluan yang dibutuhkan untuk event tersebut. Daftar keperluan harus dibuat serapih mungkin. Daftar keperluan itu diantaranya convention center atau gedung serba guna yang dipakai sebagai tempat seminar, 

Lalu ada hotel tempat menginap para pembicara jika mereka datang dari luar kota atau bahkan luar negeri, sponsor yang memungkinkan bisa diajak kerja sama, contact person yang berhubungan dengan perizinan dan semacamnya, alat-alat yang akan disewa, serta manajer artis yang menjadi penghubung kita dengan pengisi acara. Ketika semua itu sudah berjalan, pastikan semuanya berjalan baik agar mendapatkan kepercayaan secara kontinyu dari para konsumen dan sponsor.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peluang Usaha Event Organizer Seminar