Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Peluang Usaha Tanpa Modal Bagi yang Memiliki Keterampilan Khusus

Memiliki keterampilan merupakan suatu keuntungan. Karena selain dicari perusahaan yang membutuhkan keterampilan khusus, sebenarnya Anda juga bisa membuat usaha sendiri dengan hanya bermodalkan keterampilan yang Anda miliki. Keterampilan-keterampilan ini bisa Anda dapatkan dari berbagai tempat. Diantaranya yaitu tempat pendidikan formal, kursus, atau bahkan Anda bisa mempelajari sendiri secara otodidak. Berikut berbagai peluang bisnis bagi Anda yang memiliki keterampilan khusus:

1. Melukis Sketsa Wajah
Usaha ini dapat dijalankan bagi Anda yang memiliki keterampilan melukis. Banyak orang yang ingin wajahnya dilukis di atas kertas atau kanvas lalu dipajang di dinding kamar mereka. Walaupun sebenarnya mereka bisa memotret wajah mereka, namun gambar wajah yang merupakan hasil lukisan memiliki keindahan tersendiri yang mengandung keunikan bagi orang yang melihatnya. Gambar sketsa wajah juga dapat dijadikan hadiah ulang tahun. 

Desain Sampul Buku

Misalkan ada seseorang yang kekasih, sahabat, atau kerabatnya yang berulang tahun, mereka bisa menghadiahkan gambar sketsa wajah orang yang sedang berulang tahun tersebut. Anda dapat mempromosikan usaha Anda ini kepada teman-teman Anda, tetangga, atau saudara.  Selain itu, Anda juga dapat mempromosikan melalui internet atau membuka lapak di pinggir jalan. Tarif dapat Anda tentukan sesuka hati. Namun jangan terlalu mahal agar semua kalangan bisa menggunakan jasa Anda.

 2. Desain Sampul Buku dan Tata Letak
Tahukah Anda sekarang ini sudah mulai banyak penerbit buku indie? Ya, penerbit buku indie yaitu penerbit yang menyediakan jasa menerbitkan buku tanpa proses seleksi. Jadi para penulis yang ingin bukunya diterbitkan tinggal membayar uang dan bukunya dapat langsung terbit walaupun dipasarkan secara terbatas. Biasanya, para penulis ini harus membuat desain sampul dan tata letak buku sendiri. 

Tidak semua penulis dapat melakukan hal itu. Maka inilah kesempatan bagi Anda yang memiliki keterampilan desain grafis dan tata letak (layout). Anda bisa mendesain gambar di sampul buku sesuai dengan isi buku. Biasanya, software yang harus Anda kuasai dalam membuat desain sampul yaitu Corel Draw dan Adobe Photoshop. Sedangkan untuk membuat tata letak buku biasanya menggunakan software Adobe Indesign. Anda dapat berpromosi melalui situs-situs jual beli seperti Kaskus, Toko Bagus, Berniaga.com, atau OLX.

Selain keterampilan-keterampilan di atas, tentu masih banyak lagi keterampilan yang dapat dijadikan peluang usaha. Tinggal bagaimana Anda melihat peluangnya. Paculah diri Anda untuk terus mempelajari berbagai keterampilan yang dapat berguna kelak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peluang Usaha Tanpa Modal Bagi yang Memiliki Keterampilan Khusus