Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips Bisnis Saat Krisis

Di saat kondisi normal, biasanya agar bisnis bisa sukses maka pengusaha akan menggunakan strategi bisnis kontemporer. Tapi dalam kondisi krisis, maka para pengusaha dituntut agar lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnis mereka. Ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan. 

Yang pertama adalah apabila bisnis Anda pada saat ini baik-baik saja maka Anda bisa menggunakan strategi yang sebelumnya sudah dipakai. Hal ini dimulai dari visi dan misi, kemudian dilanjutkan dengan analisa yang akan memunculkan beberapa alternatif. Setelah itu memilih strategi yang sesuai, hingga pada akhirnya adalah dengan implementasi.


Pilihan kedua yang bisa dilakukan dipilih adalah pada bisnis yang sukses seharusnya memperhatikan enam faktor penting. Faktor penting yang pertama adalah klien. Anda perlu mengetahui beda antara klien dengan konsumen. Hal ini bisa merubah cara pandang Anda dalam melakukan bisnis. Konsumen adalah orang yang membeli produk atau membeli jasa sedangkan klien adalah orang yang ada dalam perlindungan Anda dan mereka akan merasa aman serta nyaman apabila memakai produk atau jasa yang Anda jual.

Faktor penting yang kedua adalah korporasi. Apabila Anda ingin menang dalam berperang, maka Anda bisa memulai dengan mengenal diri Anda sendiri. Faktor penting yang ketiga adalah seluruh perusahaan yang bisa mempengaruhi klien Anda dalam mengambil keputusan pembelian. Baik pesaing langsung maupun pesaing tidak langsung, serta produk pengganti, produk alternatif serta ancaman atas adanya pendatang yang baru. Untuk itu jangan cuma fokus pada pesaing langsung, namun perhatikan juga semua pihak yang ada.

Faktor penting berikutnya untuk menjalankan bisnis saat krisis adalah peluang. Sensitifitas pada perubahan politik, demografi, ijin, ekonomi negara dan daerah, teknologi dan sosiokultural akan memaksa Anda untuk membuat perencanaan bisnis yang fleksibel terhadap perubahan tersebut. Faktor selanjutnya adalah kerjasama. Apabila Anda tidak mampu mengalahkan pesaing Anda, maka Anda bisa mengajak mereka menjadi partner.

Krisis akan menuntut setiap perusahaan untuk meningkatkan daya saing mereka, untuk itu menemukan partner untuk kerjasama adalah hal yang penting. Hal penting lainnya yang tidak bisa diabaikan adalah kemampuan melakukan pendekatan pada grup-grup penekan. Hal ini ini juga membutuhkan keahlian khusus karena apa yang mereka katakan belum tentu sama dengan apa yang sebenarnya diinginkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Bisnis Saat Krisis