Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips jitu mengelola keuangan

Berbicara mengenai kebutuhan maka tidak akan ada habisnya, sifat konsumtif dan tidak pernah merasa puas adalah alasan setiap orang yang hidup dengan cara yang cenderung boros. Bila sudah seperti itu, hidup hemat akan menjadi semacam pekerjaan rumah yang harus anda coba selesaikan. Hidup hemat juga sangat berguna untuk anda yang kurang dapat mengontrol keluar masuknya uang yang anda miliki. 

Hemat bukan berarti anda hidup dalam serba kekurangan, bukan berarti pula finansial anda terbatas. Anda hanya perlu mengatur secara tepat dan benar tentang pemakaian dan pemasukan uang sehingga semua dapat terkontrol dan terkendali dengan sebagaimana mestinya. Sulit memang membiasakan hidup hemat pada awalnya. Jika di gambarkan, pergolakan batin pasti terjadi setiap hari pada diri anda terutama jika memang anda adalah seorang yang terbiasa hidup boros.


Kalau sudah demikian yang perlu anda lakukan adalah mencoba berpikir lebih jauh dan lebih luas. Memulai hidup hemat memang sulit, tapi pikirkan juga keuntungan yang anda dapatkan setelahnya. Dengan mengatur ritme uang dalam kehidupan, seharusnya andalah yang mengendalikan si uang, bukan si uang yang mengendalikan anda.

Berikut ini saya akan memberikan tips jitu bagaimana mengatur keuangan agar tidak habis begitu saja
1.    Sisihkan 25% pendapatan anda tiap bulan untuk menabung. Orang yang lebih besar pasak daripada tiang itu dikarenakan mereka terlalu banyak keinginan, kurangilah kebutuhan-kebutuhan yang tidak perlu.

2.    Sisihkan 5% pendapatan untuk sedekah. Setelah anda menyisihkan 25% dari penghasilan anda, jangan lupa sisihkan 5% lagi untuk sedekah, jangan protes dahulu. Bukankah masih ada 70% lagi penghasilan yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan hidup?

3.    Hindari menghutang, banyak orang yang terjebak dalam lingkaran setan dengan berhutang. Sekali ketagihan berhutang anda akan terus berhutang untuk menutupi utang anda tersebut. Siasati kebutuhan anda yang tak terduga tanpa berhutang, dan biarkan anda terbiasa dengan itu.

4.    Kewajiban dan kebutuhan. Dahulukan kewajiban-kewajiban dalam hidup anda terlebih dahulu, misalnya, bayar listrik, bayar telepon, dan lain-lain. Sisa dari kewajiban inilah yang mungkin dapat anda gunakan untuk membeli barang yang anda inginkan.

Demikianlah tips yang dapat saya sajikan untuk mengatur keuangan anda. Yang terpenting kita dapat mensyukuri apa yang kita peroleh. Semoga sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips jitu mengelola keuangan