Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips memberi kepuasan kepada pelanggan

Terlepas dari bisnis apa yang anda kerjakan, pelayanan terhadap pelanggan adalah salah satu pokok dari kelangsungan detak kehidupan usaha anda. Pada tingkat kepuasaan yang pelanggan dapatkan dari anda pula lah yang akan menentukan tingkat keberhasilan jangka panjang dalam bisnis yang sedang anda jalankan saat ini. 

Pelayanan terhadap pelanggan juga harus menjadi sebuah prioritas yang utama baik oleh pemilik bisnis maupun karyawan. Untuk menambah referensi Anda dalam memberikan pelayanan yang baik maka kami akan berbagi beberapa tips bagaimana cara memberikan kepuasan kepada pelanggan.


1.    Mendengar keluhan pelanggan
Keluhan sudah pasti merupakan sebuah respon negative dari seseorang. Meskipun begitu, Anda harus tetap menanggapinya dengan kepala dingin. Perhatikan apa yang dikeluhkan oleh pelanggan anda dan berusahalah sebaik mungkin untuk menanganinya.

2.    Jangan beri janji lebih dari yang anda bisa berikan
Tidak ada hal yang membuat pelanggan pergi dengan lebih cepat selain dengan mendapatkan sesuatu yang di bawah ekspektasi mereka. Mereka tidak akan mau lagi berbisnis dengan anda. Dan mereka juga bukan tidak mungkin akan memberikan feedback negatif kepada orang yang mereka kenal tentang pengalaman yang tidak menyenangkan saat berbisnis dengan anda, yang akan menyebabkan anda kehilangan calon pelanggan.

3.    Berikkan lebih dari ekspetasi pelanggan
Walau tidak harus selalu memberikan pelayanan diatas harapan namun berikan standar yang tinggi terhadap pelayanan. Jika anda berhasil menggunakan cara ini, maka anda telah berhasil memenangkan loyalitas jangka panjang dengan mereka. Hal ini juga akan membuat bisnis anda semakin kompetitif karena memiliki nilai lebih.

4.    Menyapa pelanggan
Menyapa beberapa pelanggan yang sudah sering datang juga akan mendekatkan hubungan, jadi ingatlah setiap nama pelanggan anda agar pelanggan merasa nyaman dan berada dalam lingkungan mereka.

5.    Biarkan pelanggan anda mengetahui seberapa besar anda menghargai mereka
Cara ini dapat di implementasikan dengan cara berkomunikasi dan memberi promo kepada mereka secara rutin. Misalnya, dengan membuat tawaran khusus hanya untuk pelanggan yang sudah ada. Atau bisa juga dengan memberi tahukan lebih dahulu kepada mereka tentang produk baru yang anda pasarkan sebelum melemparnya ke pasar umum.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips memberi kepuasan kepada pelanggan