Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Berbagai pilihan peluang usaha untuk ibu rumah tangga

Berkutat dengan urusan keluarga bukan berarti hilang kesempatan bagi ibu rumah tangga untuk menekuni dunia usaha. Ada banyak peluang yang bisa dikerjakan oleh kaum ibu untuk menambah penghasilan bagi keluarga. Sudah barang tentu, ibu-ibu juga harus cermat memilih peluang usaha yang sesuai dengan minat. bakat, dan kemampuannya. Satu lagi yang paling penting, jangan sampai usaha yang bakal ditekuni tersebut mengganggu aktifitas utamanya sebagai ibu rumah tangga. Berikut beberapa peluang usaha yang bisa dijadikan pilihan bagi kaum ibu untuk membantu suami menambah pendapatan keluarga:

1. Laundry
Dengan hanya bermodal 1 mesin cuci, pengering ditambah seorang karyawan, ibu-ibu sudah dapat membuka usaha laundry. Agar pelanggan cepat bertambah, selain rajin melakukan promosi, usahakan layanan yang Anda berikan berbeda dengan laundry lainnya, misalnya: dicuci dengan menggunakan air  hangat, pakaian dipisah dengan milik orang lain, dsb. Usaha laundry paling bagus jika dibuka di wilayah kampus, sekolah, mess karyawan pabrik, atau di daerah padat penduduk yang mayoritas masyarakatnya disibukkan dengan urusan pekerjaan.  


2.Menjahit dan Mengelola Kursus Jahit
Untuk usaha yang satu ini butuh skill khusus, sehingga tidak semua orang bisa menjalani. Jika Anda tidak bias menjahit tapi berminat untuk menekuni usaha ini, satu-satunya cara adalah dengan merekrut karyawan yang pandai menjahit, dan membayar karyawan tersebut sesuai order yang datang. 

Selain melakukan promosi, servis jemput bola juga harus Anda lakukan untuk mendapatkan pelanggan, yakni dengan datang ke rumah konsumen yang ingin menjahitkan pakaian, serta melakukan pengukuran dan kesepakatan ongkos jahit di sana. Jika  kemampuan menjahit Anda cukup mumpuni, mengelola kursus menjahit juga peluang usaha yang sangat menjanjikan. Untuk membuka kursus menjahit, setidaknya Anda harus memiliki mesin jahit minimal 5 – 10 buah, sehingga dapat menerima cukup banyak siswa dalam sekali waktu. 

3. Katering
Bagi mereka yang memiliki hobby memasak, membuka bisnis catering adalah pilihan yang tepat. Karena keseharian ibu-ibu pada umumnya berkutat di dapur, bisnis yang satu ini rasanya cocok untuk dikerjakan hampir semua wanita. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis katering, Anda harus menyediakan menu yang beragam, serta servis antar jemput katering ke konsumen sehingga konsumen merasa mendapatkan servis personal. Jika bisnis katering Anda semakin berkembang, Anda harus berani menerima pesanan untuk acara-acara ulang tahun, pernikahan, dan sejenisnya. 

5. Mengelola Butik
Selain memasak, wanita pada umumnya juga menyukai dunia mode. Jika Anda memiliki tempat khusus di pusat keramaian, membuka butik bisa jadi alternatif untuk usaha. Jika tidak mempunyai tempat khusus, Anda juga bisa memanfaatkan space kosong yang ada di rumah. Sebelum mengawali usaha ini, tentukan target market konsumen berdasarkan usia dan kemampuan ekonomi masyarakat yang menjadi bidikan Anda. Anda dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan konveksi untuk mennyuplai barang-barang yang akan mengisi butik Anda.

Diantara alternatif bisnis sebagaimana tersebut di atas, salah satunya pasti ada yang menarik minat Anda, atau justru Anda memiliki ide sendiri untuk terjun ke dunia bisnis?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berbagai pilihan peluang usaha untuk ibu rumah tangga