Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Bisnis Boneka Lampu Anak Yang Minim Kompetitor

Ide bisnis bisa muncul dari kebetulan atau dari penyaluran hobi dan minat. Tidak sedikit pula pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari keahlian dan keterampilan yang dimiliki, seperti seorang ibu muda bernama Tri yang berhasil memanfaatkan keahliannya dalam bidang desain dengan menciptakan boneka lampu anak-anak dengan motif kartun.

Perempuan lulusan pendidikan Sastra Inggris di UGM ini telah menghasilkan 20 model lampu boneka anak yang unik dan menarik murni hasil kreasinya sendiri. Usahanya ini sudah berlangsung semenjak dua tahun yang lalu dan saat ini sudah memiliki 4 orang pegawai dengan tempat produksi di daerah Lubang Buaya Jaktim. Tri mengurus sendiri untuk bagian produksi sedangkan untuk bagian pemasaran dan pameran, ia dibantu oleh sang suami.


Produk yang berbahan utama dari benang ini diberi label Boneka Lampu Temari yang sampai sekarang sudah mampu menghasilkan kurang lebih 300 unit lampu per bulan secara konsisten. Kisaran harga boneka lampu unik ini antara Rp. 70.000 – Rp. 90.000. Semua produknya sudah termasuk lampu dan modelnya terdiri dari 20 tokoh kartun, ondel-ondel dan baby girl. Ibu muda ini juga menuturkan bahwa untuk urusan desain ia mengikuti permintaan dari konsumen.

Tehnik pemasaran yang biasanya dilakukan adalah melalui penjualan online via internet dan juga kegiatan pameran. Lewat penjualan online, ia bisa merangkul konsumen dari berbagai daerah di nusantara bahkan sampai ke daerah Papua. Usahanya ini menawarkan sistem reseller dan untuk pameran biasanya diterapkan sistem beli putus. Omset yang sudah diraup sampai saat ini sekitar 7-9 juta per bulan.

Usaha lampu boneka ternyata bukan bisnis pertama yang sudah mereka lakukan. Sebelumnya, pasangan suami istri ini sudah pernah mencoba usaha jasa penerbitan buku. Namun, usaha ini mengalami kegagalan akibat penipuan. Belajar dari kegagalan inilah kemudian mereka menjadi lebih hati-hati dalam menjalankan bisnis.

Jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis kreatif maka tidak ada salahnya jika meniru apa yang dilakukan Ibu Tri, gagal di usaha penerbitan buku namun sukses di bisnis lampu unik. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bisnis Boneka Lampu Anak Yang Minim Kompetitor