Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Panduan Berbisnis Lapangan Futsal

Bermain futsal nampaknya makin digandrungi di beberapa daerah mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Tentunya ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan yang bisa Anda coba. Terutama bagi Anda yang memiliki tanah kosong yang cukup luas dan juga memiliki hobi sepakbola. Lebih baik lagi jika lokasi lapangan futsal yang akan dibangun tersebut berdekatan dengan area sekolah, kampus ataupun perkantoran. Di bawah ini beberapa tips atau panduan dalam memulai bisnis lapangan futsal.

Pertama, tentukan luas lokasi yang akan dijadikan lapangan futsal dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jumlah lapangan yang akan dibuat. Sebagai referensi, ukuran satu lapangan futsal yang biasanya digunakan adalah panjang 25-45 m dan lebar 15-25 m untuk ukuran lokal dan panjang sekitar 38-42 m dengan lebar antara 18-22 m untuk ukuran internasional.


Besarnya anggaran yang diperlukan untuk membuat lapangan futsal dengan ukuran 25x15 m adalah sebesar 160 juta rupiah dengan lapangan dari bahan sintetis. Untuk pembuatan lapangan berbahan dasar vyneels diperlukan budget sebesar 180 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pemasangan gawang, jaring gawang, bola, kaos tim sewaan, jaring pengaman di sekitar lapangan dan penerangan. Untuk menekan biaya, bisa juga dengan membuat lapangan berbahan dasar semen.

Sebagai fasilitas pendukung, siapkan juga anggaran untuk pembuatan ruang tunggu yang cukup luas dan nyaman. Jika memungkinkan, tambahkan juga beberapa fasilitas hiburan seperti televisi, full music dan konsol game seperti PlayStation, Xbox dan lain-lain sehingga akan terkesan lebih eksklusif dan tidak membuat konsumen cepat bosan. Diperlukan juga tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan pelanggan. Untuk menarik lebih banyak pelanggan, Anda bisa menggratiskan fasilitas parkir tersebut.

Terakhir, tentukan harga sewa lapangan futsal tersebut. Sebagai gambaran, standar harga sewa untuk lapangan futsal sintetis biasanya antara 50-140 ribu ke atas untuk outdoor dan sekitar 190 ribu ke atas untuk indoor. Ada baiknya untuk melakukan survey terlebih dahulu dengan harga sewa lapang futsal lain di sekitar Anda untuk menjaga persaingan bisnis yang sehat. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Panduan Berbisnis Lapangan Futsal