Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Strategi Memikat Pembeli

Kedatangan seorang pembeli ke tempat usaha Anda, pasti bukan hanya karena sekedar iseng atau karena faktor kebetulan saja. Pembeli yang datang dan melakukan transaksi pada umumnya memiliki beragam alasan, entah itu karena membutuhkan produk yang dijual, memilih harga yang lebih murah, atau hal-hal lain yang menarik minat dan perhatian mereka.

Dengan memahami konsep bahwa pembeli yang datang dan melakukan transaksi karena memiliki alasan-alasan khusus, maka sudah barang tentu ada semacam trik dan strategi untuk dapat memikat pembeli. Berikut strategi yang bisa Anda coba dan terapkan:


1. Testimoni
Salah satu strategi yang saat ini banyak digunakan adalah menggunakan opini orang ketiga terhadap produk yang akan dijual. Untuk melihat praktek dari strategi ini bisa dilihat di situs-situs belanja online yang banyak bertebaran di dunia maya. Di situs-situs belanja online tersebut, selalu tersedia kolom khusus yang berisi testimonial atau kesan dari konsumen yang telah melakukan transaksi.

Selain itu, beberapa rumah makan, restaurant, dan hotel, tidak sedikit yang memajang foto-foto artis dan tokoh-tokoh terkenal yang pernah berkunjung tempat mereka membuka usaha. Hal ini dilakukan agar calon pembeli dapat lebih yakin untuk datang dan melakukan transaksi di tempat usaha tersebut. Jika artis dan tokoh terkenal saja percaya, kenapa masyarakat biasa tidak?

2. Bonus
Memberikan bonus sebenarnya merupakan trik lama, namun masih tetap efektif untuk memikat para pembeli. Bentuk dari bonus bisa berbagai macam, ada yang dalam bentuk undian berhadiah, bonus potongan harga, bonus beli dua dapat satu, bonus harga khusus pada jam-jam tertentu, dan sebagainya. Semakin banyak bonus yang diberikan, biasanya semakin besar pula keinginan pembeli untuk berbelanja. 

3. Tampilan
Tampilan bisnis adalah daya tarik pertama yang ditawarkan tempat bisnis kepada calon konsumen. Hal ini tidak hanya berlaku pada tempat-tempat bisnis yang nyata, tapi juga toko-toko online di dunia maya. Itu sebabnya, mendandani tempat usaha Anda seunik dan semenarik mungkin adalah langkah tepat untuk menarik calon pembeli. 
Begitu juga bagi pemilik toko online. Menampilkan foto-foto produk yang jelas, menarik dan memikat, serta memajang foto-foto tersebut di space yang tepat, dapat membuat calon konsumen lebih rajin untuk mengunjungi gerai toko online Anda, sebelum akhirnya memutuskan untuk berbelanja.

4.  Kemasan
 Kemasan produk tidak hanya efektif untuk menarik minat calon pembeli, tapi juga meningkatkan nilai jual suatu produk. Bahkan, sebagus apapun kualitas suatu produk, jika kemasannya tidak menarik, kecil kemungkinan untuk dilirik calon pembeli. Untuk membuat kemasan suatu produk, jangan lupa untuk memperhatikan target konsumen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Strategi Memikat Pembeli