Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Sumber Dana sebagai Modal Usaha

Kendala yang dihadapi oleh sebagian besar pengusaha pemula pada umumnya adalah persoalan dana. Ketika jenis usaha sudah ditentukan, perhitungan terhadap untung dan rugi sudah dilakukan dengan matang, analisa permintaan pasar juga sudah dikerjakan, semua menjadi mentok dan tidak memperoleh jalan keluar disaat dihadapkan pada jumlah investasi yang harus dikeluarkan. 

Bukan karena tidak diketahui jumlah investasi yang harus dikeluarkan, tapi lebih kepada ketidaktahuan, darimana mendapatkan sumber keuangan untuk menutupi jumlah investasi yang dibutuhkan.
Persoalan dana untuk modal usaha memang mutlak dibutuhkan, tapi bukan lantas karena kekurangan dana, niat Anda untuk berwirausaha menjadi gagal. Anda bahkan sebenarnya tidak perlu merasa takut kekurangan dana untuk modal usaha, karena sumber dana ada di mana-mana dan siap menunggu Anda. Beberapa sumber dana tersebut diantaranya adalah: 


1. Tabungan/investasi pribadi
Tabungan merupakan sumber dana yang paling mudah didapatkan karena berasal dana pribadi yang sudah disimpan dan siap ditarik setiap waktu. Namun kendalanya ada pada ketersediaan dana tersebut, terkadang kita tidak memiliki dana simpanan aktif yang bisa diambil saat dibutuhkan. Sehingga tidak bisa digunakan untuk modal usaha. Jadi jika dalam satu bulan kita memiliki dana yang lebih ada baiknya agar disimpan untuk tabungan.

2. Pinjaman
Pinjaman bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti bank, koperasi, keluarga dan kerabat atau teman. Pinjaman yang paling disarankan adalah ke bank atau koperasi dengan jaminan barang yang kita miliki. Karena untuk meminjam terhadap saudara sering terjadi perselisihan jika pinjaman tidak bisa dilunasi tepat waktu. 
Dengan menjaminkan barang ke bank atau koperasi kita jangan sampai berkecil hati namun itu harus menjadi cambukan untuk sukses, jenis barang yang dijaminkan sebaiknya adalah bukan barang primer seperti rumah, namun jaminkanlah barang sekunder seperti mobil atau motor.

3. Kemitraan
Jika Tabungan tidak dimiliki dan pinjaman ke bank tidak disepakati maka alternatif peminjaman dana lainnya adalah ada pada kemitraan atau partner. Kemitraan atau partner bisa dari keluarga atau teman, kemitraan seperti ini memiliki cara kerja anda memiliki skill dan kemampuan mengembangkan usaha, lalu anda menawarkan orang untuk berinvestasi dalam usaha anda.
Pastikan dalam mengajukan kerjasama jenis usaha yang akan ditekuni benar-benar berprospek bagus, lalu yang kedua jangan main-main dengan tanggungjawab dan kepercayaan yang diberikan mitra. Tanamkan sikap tanggungjawab, jujur dan komunikasi yang baik dengan mitra agar kemitraan usaha bisa berjalan dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sumber Dana sebagai Modal Usaha