Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Tips mengatasi ketakutan dalam menghadapi resiko investasi

Investasi bisnis merupakan salah satu dasar utama kesuksesan, tanpa keberanian dalam melakukan investasi maka seseorang tidak akan bisa mendapatkan kesuksesan. Walaupun hampir semua orang menyadari keuntungan dari investasi, namun tidak semua orang menghadapi resiko yang akan timbul dari investasi yang dilakukan.

Hal inilah yang menjadi penghambat utama seseorang namun ketakutan itu juga menjadi sebuah alasan yang bisa diterima mengingat besarnya resiko yang harus kita hadapi saat memutuskan untuk berinvestasi. Lalu bagaimanakah agar kita bisa mengurangi ketakutan dalam menjalankan investasi, simak beberapa tips untuk mengatasi ketakutan dalam menghadapi resiko investasi berikut ini ;


- Ketahui batas kemampuan/kesanggupan anda dalam berinvestasi  
Batas dalam berinvestasi bisnis bisa berupa beberapa hal seperti batas dana, batas waktu dan batas kemampuan dalam terjun ke dalam investasi yang dijalankan. Semakin kita mengetahui batas “aman” dari investasi yang akan dijalankan maka semakin besar pula tingkat keamanan resiko yang bisa dimiliki. 

- Pilih investasi yang jelas dan memiliki rekam jejak bisnis yang baik
Pilihlah jenis investasi yang jelas dan memiliki rekam jejak usaha yang sehat, walaupun ini bukanlah satu-satunya jaminan karena tidak menutup kemungkinan perusahaan yang sudah resmi pun bisa merugikan namun minimal investasi bisnis yang kita tanam jelas dan memiliki tujuan investasi yang terarah.

- Ketahui berbagai sebab munculnya resiko 
Dalam berinvestasi bisnis harus mengetahui beberapa sebab yang mungkin akan menjadi lubang dalam menjalankan investasi yang dijalankan. Tambalah lubang tersebut sebelum di kemudian hari akan menjadi duri dalam investasi yang dijalankan.

- Taruh investasi di beberapa tempat
Jika memiliki dana investasi untuk bisnis 1m misalnya maka jangan gunakan seluruh dana hanya untuk satu jenis investasi, namun alokasikanlah dana total untuk investasi tersebut ke dalam beberapa jenis investasi yang terdiri dari beberapa tempat. Hal ini untuk menghindari terjadinya ketergantungan, jika terjadi kerugian maka investasi Anda akan kolaps. Sebaliknya jika di alokasikan di beberapa tempat maka akan saling mendukung dan melengkapi, jika pun ada salah satu investasi yang macet, Anda masih bisa panen di investasi yang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips mengatasi ketakutan dalam menghadapi resiko investasi