Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Bisnis Kreatif Dari Daun Pandan

Saat ini, semua benda dari apapun yang berada di sekitar kita bisa dijadikan peluang untuk menjalankan sebuah usaha. Salah satunya adalah daun pandan, selain digunakan sebagai penyedap makanan, daun pandan juga bisa dijadikan dengan membuat kerajinan tangan bernilai tinggi. Seperti yang dilakukan Ucok Adi Setiawan. Ucok membuat berbagai produk kerajinan dari daun-daun pandan, seperti tas, dompet, sandal dan lainnya. 

Semua produk yang dibuatnya disusun sedemikian rupa hingga memiliki corak berwarna-warni dan menarik.
Ucok menjelaskan bahwa daun pandan umumnya berada di 2 tempat, yakni dari daerah pegunungan dan pantai. Namun yang menurutnya bagus dan dapat dijadikan sebuah kerajinan lebih baik berasal dari daerah pegunungan. Ucok yang saat ini berusia 36 tahun juga mengatakan bahwa bahan baku yang sering ia dapatkan berasal dari daerah Kebumen, Jawa Tengah. 


Ia bercerita bahwa disana banyak sekali bahan baku yang melimpah sehingga ia mengambil kesempatan untuk membuat berbagai tas dan dompet dari daun pandan. Melihat ramainya peminat terhadap hasil karyanya, usahanya pun sampai saat ini telah memasuki tahun keduanya.

Ucok menjual hasil tangannya tersebut dengan harga yang terjangkau. Mulai dari dompet yang dijual dengan harga Rp 20 ribu sampai dengan tas tangan dengan harga mencapai Rp 200.000 untuk setiap produknya. Ucok mengatakan bahwa setiap bulannya dia bisa memproduksi sampai dengan 900 buah dengan omzet yang didapatkan mencapai Rp 30 juta per bulannya.

Jika anda tertarik dengan usaha kreatif ini, anda bisa membuat beberapa buah untuk dijual di kalangan terdekat. Anda juga bisa menjual ke dalam situs jual beli online internasional, seperti eBay karena kerajinan asal Indonesia sampai saat ini masih banyak peminatnya serta dapat membuka peluang tawaran ekspor barang kreatif yang anda buat ke luar negeri.  

Selain itu, anda juga bisa mengajak orang-orang di lingkungan sekitar anda untuk membuat bersama-sama sehingga hasil yang bisa dijual lebih banyak pilihannya, karena pada umumnya hasil kerajinan setiap tangan akan memiliki hasil yang khas.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bisnis Kreatif Dari Daun Pandan