Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Bisnis Lumpia Bakar

Makanan ringan atau snack yang satu ini lebih kita kenal berasal dari kota Semarang, Jawa Tengah. Meskipun masih jarang ditemui, makanan ini memiliki banyak penikmat sehingga sangat pas untuk dijadikan peluang usaha untuk anda.

Seperti Hafidz Faizza yang membuka usaha kuliner lumpia bakar di kota Tuban, Jawa Timur. Hafidz melihat peluang yang besar dengan menjual lumpia asal Semarang ini dengan membuka Lumpia Bakar Cempluk pada tahun 2011. Dengan kreatif, Hafidz mengolah lumpia dengan cara unik dan berbeda dari biasanya, yakni di bakar. Selain lebih sehat karena bebas dari kolesterol, lumpia ini juga memiliki bau yang sangat enak dan bisa menggoda siapapun yang lewat.


Hafidz menjual satu buah lumpia dengan harga berkisar antara Rp 3.500 sampai dengan Rp 7000 sesuai isian di dalamnya. Setiap harinya, Hafidz bisa menjual 100 sampai 400 buah lumpia bakar dengan keuntungan laba bersih mencapai 40 persen tiap bulannya. 

Melihat dari usaha yang digeluti Hafidz, anda bisa mencoba berkreasi pada rasa. Anda bisa menambahkan berbagai rempah pada adonan kulit sehingga saat dibakar mengeluarkan aroma khas dan wangi. Selain itu, anda juga berkreasi pada campuran isian di dalam lumpia. Anda bisa menambahkan berbagai macam sayuran, seperti wortel, lobak dan bengkoang serta menambahkan daging sapi, daging ayam sampai udang agar bisa memberikan konsumen banyak pilihan dan bisa dijual dengan harga yang beragam.

Untuk memulai bisnis ini, anda bisa menggunakan konsep mini kafe. Seperti usaha yang digeluti Hafidz, saat membuka mini kafe lumpia bakar pihaknya hanya memerlukan modal sebesar Rp 15 juta. Dengan modal sebesar itu, anda bisa menyiapkan mini booth yang dipergunakan untuk display, peralatan memasak, bahan baku, meja dan kursi serta pegawai.

Anda juga bisa menjual lumpia bakar dengan berbagai menu dan saus untuk menarik banyak pengunjung serta strategi pemasaran yang pas. Hal lain adalah pemilihan lokasi penjualan. Agar modal yang dikeluarkan tetap minim ada baiknya anda memilih lahan yang murah namun ramai.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bisnis Lumpia Bakar