Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Bisnis Singkong Sebagai Makanan Khas Indonesia

Salah satu makanan yang sampai saat ini masih menjadi makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia, Singkong masih menarik bagi masyarakat perkotaan jika diolah menjadi sebuah makanan yang lezat. Seperti Aceng Kodir yang memanfaatkan singkong dengan menjual Singkong Crispy dan tentu bisa dijadikan sebagai peluang usaha baru bagi anda.

Aceng Kodir yang berasal dari Bandung ini menjual singkong crispy atau keripik singkong dengan omzet mencapai Rp 90 juta per bulannya. Aceng yang saat ini berusia 43 tahun memulai usahanya ketika melihat keprihatinan para petani yang kurang menikmati hasil penjualan singkong. Kondisi tersebut membuat Aceng tertarik untuk mengolah singkong menjadi sebuah makanan yang menarik sehingga singkong bisa menjadi makanan kegemaran masyarakat lagi.


Awalnya Aceng membeli beberapa kilogram singkong dan bahan-bahan untuk membuat keripik dengan modal hanya Rp 200 ribu saja. Setelah itu, dia mengolah singkong sehingga menjadi keripik. Setelah jadi, dia meminta tetangga terdekatnya untuk mencicipi keripik atau crispy singkong sampai akhirnya keripik yang dia buat banyak disukai oleh masyarakat sekitarnya dan berani untuk memasarkan keripik singkong yang ia buat.

Setelah memasarkan singkong crispy buatannya, Aceng juga tetap melakukan inovasi untuk menambah variasi pada produk yang ia buat. Ia membuat perpaduan singkong dan ubi dan memberi nama produk tersebut dengan konghui crispy. Mendapat sambutan yang baik, Aceng berhasil menjual singkong crispy dengan harga jual Rp 19.000 dan konghui crispy dengan harga jual Rp 20.000 dan mengumpulkan omzet mencapai Rp 90 juta setiap bulannya. 

Untuk menjual makanan ini sebenarnya tidaklah sulit karena mempunyai pasar yang luas. Anda bisa memberikan inovasi seperti menambahkan rasa yang saat ini sedang digemari masyarakat, seperti rasa pedas, balado, rumput laut maupun barbeque. Tentu harga jual yang anda patok harus bersaing dengan beberapa produk singkong crispy yang saat ini banyak dijual di supermarket.

Anda juga bisa memilih lokasi penjualan yang pas atau menitipkan pada toko-toko atau supermarket untuk memasarkan produk anda. Selain bisnis ini dapat menguntungkan anda, anda juga bisa membantu petani-petani yang saat ini masih mengandalkan ekonominya dengan menanam singkong.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bisnis Singkong Sebagai Makanan Khas Indonesia