Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Bisnis Tape Ketan

Tape ketan sangat identik dengan kota Kuningan di Jawa Barat karena makanan ini merupakan salah satu oleh-oleh yang masuk daftar wajib dibeli oleh siapapun yang singgah ke Kuningan. Salah satu yang memperkenalkan tape ketan ke seluruh penjuru Indonesia salah satunya adalah Carsim Cahyadi yang membuka usaha tape ketan Pamela.

Carsim mempelajari pembuatan tape ketan secara turun temurun dari keluarganya dan membuat tape ketan merupakan tradisi turun menurun di desa Tarik Kolot, Cibeureum, Kabupaten Kuningan, terutama saat menjelang hari raya Idul Fitri karena hampir semua masyarakat di desa tersebut membuat tape ketan.


Sejak tahun 1996, Carsim membuka usaha pembuatan tape ketan dan mengajak masyarakat sekitar untuk membantunya. Pembuatan tape ketan dilakukan di halaman rumahnya. Setiap harinya, Carsim bersama masyarakat sekitar bisa memproduksi 300 kilogram tape ketan dan mengemasnya dalam lima ukuran kemasan yang berbeda, seperti ember yang berisi 100 bungkus tape ketan, ember kecil berisi 80 bungkus tape ketan, kemasan dus isi 50 bungkus, kemasan toples isi 28 bungkus dan kemasan plastik mika yang berisikan 16 bungkus tape ketan.

Carsim mengatakan bahwa bisnis tape ketan memiliki pasar yang luas. Terbukti dari pembeli yang kebanyakan berasal dari luar kota, seperti Jakarta, Bandung dan Cirebon. Setiap hari, Carsim bisa menjual 100 kemasan tape ketan dengan omzet bulanan mencapai 150 juta perbulan. 

Kunci utama dalam menjalankan bisnis ini adalah aspek ketelitian dan kebersihan agar tape ketan yang dihasilkan bisa memiliki rasa manis dan empuk. Selain itu, anda juga bisa menentukan target penjualan tape ketan yang anda jual, apakah menyasar pelanggan grosir atau ritel.

Anda bisa menjual tape ketan dengan harga yang bersaing dan tentu terjaga rasanya. Jika anda belum memiliki market yang dituju, anda juga bisa menitipkan di pusat-pusat perbelanjaan oleh-oleh atau supermarket karena di supermarket saat ini tape ketan cukup sulit didapatkan. Selain itu, anda juga bisa menjual secara online yang tentu akan memiliki pasar yang lebih luas lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bisnis Tape Ketan