Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Menyulap Rumah Menjadi Homestay yang Menguntungkan

Menjadikan rumah sebagai modal untuk membuka usaha homestay bisa mendatangkan usaha yang menggiurkan. Memilih konsep yang sesuai serta strategi promosi yang pas pasti akan membuat modal yang anda keluarkan dapat kembali dengan cepat dalam beberapa tahun.

Jika anda mempunyai rumah di lokasi yang strategis, lebih baik dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dengan mengubah rumah anda untuk menjadi homestay. Homestay sendiri adalah penginapan yang memiliki fasilitas lengkap dan terkadang pemilik rumah juga ikut menghuni bersama-sama dengan para tamu.


Seperti Satya Dharma yang membuka sebuah homestay di Yogyakarta. Satya mengatakan bahwa homestay saat ini sangat diburu oleh pelancong karena mempunyai harga sewa yang jauh lebih murah dibandingkan motel ataupun hotel. Dengan menyulap rumahnya menjadi homestay, Satya bisa mengantongi omzet setiap bulannya mencapai Rp 18 juta dengan keuntungan mencapai 70%.

Jika anda sudah mempunyai rumah, anda hanya tinggal merenovasi dengan mempercantik ruangan serta bangunan sesuai konsep yang anda buat dan menyiapkan perlengkapan ruangan. Satya mengatakan, saat mengatakan bahwa saat merenovasi dan membeli perlengkapan, dia mengeluarkan modal sebanyak Rp 20 juta.

Selain itu, anda juga harus menyiapan strategi promosi agar homestay yang anda buka dapat dikenal orang terutama para pelancong. Dengan rincian Rp 3,5 juta, anda bisa membuat iklan pada website jaringan pariwisata sebanyak Rp 3 juta dan Rp 500.000 bisa anda manfaatkan untuk membuat brosur. Satya mengatakan bahwa memasang iklan pada jaringan pariwisata sangat penting untuk membuat calon tamu membandingkan harga dan layanan. Anda juga bisa bekerja sama dengan situs pencarian homestay, seperti airbnb.com untuk membuat tamu lebih mudah mencari homestay yang sesuai.

Dengan harga sewa yang disesuaikan dengan jenis kamar yang anda tawarkan, anda dapat mendapatkan keuntungan sebanyak 70% karena pengeluaran untuk usaha ini sangat minim. Pengeluaran hanya mencakup biaya listrik, karyawan, perlengkapan perawata, belanja bahan makanan dan minuman serta membeli perlengkapan mandi untuk setiap bulannya. Apakah anda tertarik menjalankan bisnis menjanjikan ini?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menyulap Rumah Menjadi Homestay yang Menguntungkan