Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Mereguk untung dari lezatnya dimsum

Kuliner yang biasanya dulu hanya berada di restoran-restoran makanan China, kini mulai banyak dijual secara umum di pinggir jalan atau pusat perbelanjaan. Alasan makan ini cukup marak karena makanan ini mulai diterima oleh masyarakat Indonesia dan memiliki rasa yang bervariasi. Selain itu, makanan ini juga cukup mengenyangkan saat dikonsumsi.

Salah satu contoh yang menjalankan bisnis dimsum ini adalah Nurcahyo. Pada tahun 2012, Nurcahyo membuka Warung Dimsum Mbledos di kota Surabaya, Jawa Timur dan sampai saat ini telah mempunyai empat buah gerai miliknya sendiri. Setiap bulannya, Nurcahyo bisa mendapatkan omzet sebesar Rp 100 juta sampai dengan Rp 150 juta dan menghabiskan 500 sampai dengan 700 porsi setiap harinya dan mendapatkan lama bersih sebanyak 30% setiap bulannya.


Melihat keuntungan besar yang didapatkan oleh Nurcahyo, bisa dilihat bahwa dia pemilihan lokasi tempat membuka usahanya cukup baik. Nurcahyo membuka usaha di tempat strategis serta menjual dengan harga terjangkau, yakni Rp 6500 sampai dengan Rp 7000 untuk satu porsi.

Jika anda ingin memulai bisnis ini, sebaiknya memilik tempat, factor penting yang harus dipikirkan adalah menu. Anda bisa menyajikan menu khas dimsum, seperti dumpling, pangsit, bakpao, xiang long bao, mantau, bakpao moka dan bakpao pandan. Selain menu khas dimsum, anda juga bisa menyajikan menu tambahan, seperti  siomay khas Indonesia agar pengunjung yang datang bisa beragam dan bisa dinikmati oleh masyarakat segala usia.

Jika menu dan pemilihan tempat ada selanjutnya anda bisa menentukan konsep tempat berjualan. Untuk berjualan dimsum anda bisa memilih konsep booth atau menyewa foodcourt. Untuk konsep booth sebaiknya anda memilih di area lahan yang lumayan luas agar bisa memuat banyak kursi. Anda juga bisa menyiapkan peralatan lengkap, bahan baku dimsum yang berkualitas dan strategi pemasaran yang murah.

Anda bisa memasarkan produk dan tempat berjualan anda melalui Twitter atau memasang slot iklan melalui beberapa akun koran local karena biasanya selain iklan yang lebih tertuju, biaya untuk iklan juga cenderung murah dibanding media yang sudah besar dan nasional.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mereguk untung dari lezatnya dimsum