Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Berjualan Keripik Pedas Masih Potensial

Siapa yang tidak kenal produk jajanan keripik pedas seperti maicih, karuhun, keripik setan, keripik iblis dan lainnya. Meskipun fenomena keripik pedas ini tidak sebesar 2-3 tahun silam, namun produknya sudah mudah ditemui di berbagai outlet, tidak hanya terbatas di toko oleh-oleh, bahkan sampai kelas supermarket saja, mudah ditemukan produk keripik yang beragam. Jadi, salah jika menganggap berjualan keripik pedas sudah basi.

Keripik pedas tadinya merupakan sebuah jajanan warung yang hanya dibungkus dengan plastik murahan, dan biasanya jajanan ini sangat terlihat berminyak dari luar dengan ciri khas remah-remah cabe yang jika digigit, maka yang menyantapnya bisa merasakan mules-mules nikmat. Dengan sedikit transformasi pada bagian kemasan, jadilah produk keripik pedas seolah naik kasta. Meskipun harganya bisa dibilang tetap terjangkau bagi penikmatnya, namun sensasi mules yang ditawarkan tetap melekat dan seolah tidak bisa hilang.

Anda tentunya harus mencermati beberapa hal berikut sebelum ikut berperang dalam pasar keripik pedas, antara lain:


1. Keripik Pedas = Pasaran

Faktanya produk keripik pedas merupakan produk yang sangat pasaran, dari singkong sampai kentang sebagai bahan bakunya. Hal ini bisa berarti baik namun juga buruk di sisi yang lain. Baik dalam artian Anda tidak perlu pusing memikirkan target pasar Anda, karena calon pembeli Anda berkeliaran di luar sana menanti produk keripik terbaru. 

Sisi buruknya adalah karena ini bisnis yang pasaran, maka jika Anda tidak memiliki ciri khas pada produk yang Anda tawarkan, maka perlahan tapi pasti produk Anda akan tenggelam dan hilang dari peredaran. Belum lagi jika menengok kearah kompetitor Anda.

2. Tentukan “Level” Pedas Produk Anda

Sejak keripik pedas terangkat namanya oleh maicih, tidak hanya dari tingkat kepedasan keripik tersebut, namun maicih menyediakan tingkatan yang berbeda atau level untuk tiap produknya. Ini tentu merupakan inovasi yang luar biasa, namun sangat menyusahkan bagi mereka yang ingin terjun ke bisnis ini. 

Bayangkan saja, jika seseorang memiliki modal yang tidak begitu kuat, maka ia harus berpikir keras untuk menentukan tingkat pedas produknya yang kira-kira bisa dikonsumsi oleh masyarakat banyak. 

3. Rasa Mempengaruhi Penjualan

Sejauh ini belum ada keripik pedas yang rasanya begitu unik, hampir setiap produsennya bermain aman dalam menggunakan rasa. Disini Anda bisa bermain dengan cita rasa, namun cermati pasar Anda. Contoh: Keripik Pedas Menggunakan Cabe Mexico.

Bagi para penjual keripik pedas, sepertinya sudah harga mati bahwa maicih selalu menjadi barometer dan panduan bagaimana cara menjual keripik pedas untuk laku. Tidak ada salahnya untuk menggunakan cara mereka dalam berjualan, namun bukan menjiplaknya! Salah satu cara menarik yang bisa Anda aplikasikan, namun harus Anda rubah yaitu venue berjualan yang berpindah-pindah. Konsep tersebut diterapkan oleh maicih pada masa-masa awal usaha mereka berdiri, sebelum jajanan mereka kini mudah ditemui hingga supermarket.

Usaha ini akrab dengan industri rumahan, karena mayoritas produksi kripik dilakukan di dalam rumah. Tidak perlu khawatir bagi Anda yang keberatan untuk melakukan proses produksi di rumah Anda. Anda bisa membeli keripik yang sudah jadi, lalu Anda bumbui dan bungkus sendiri, atau mempekerjakan orang lain untuk menjalankan usaha Anda. Modal awalnya sendiri diperkirakan diantara range 20-50 juta.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berjualan Keripik Pedas Masih Potensial