Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Berjualan Sandal Unik

Sandal atau dalam bahasa sehari-hari biasa disebut sendal merupakan salah satu produk alas kaki yang hampir pasti dimiliki oleh orang banyak. Sandal hampir pasti digunakan dalam suasana yang santai dan meskipun sandal merupakan sebuah produk yang tidak bisa digunakan pada acara formal, toh tentunya setiap orang perlu menggunakan alas kaki yang bisa memberikan mereka kenyamanan  tanpa harus bergaya formal. Dengan sedikit kreativitas, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan potensi ini untuk membuka usaha sandal, belum lagi pengguna sandal ini berada dalam jangkauan usia yang tidak terbatas (dari balita sampai kakek nenek).

Jika masih ragu, bisa disimak tips untuk memulai usaha berjualan sandal unik berikut:

# Pembuatan Sandal

Bagaimana Anda bisa berjualan produk Anda tanpa mempelajari cara pembuatannya? Anda sebagai calon pelaku usaha, wajib untuk mengerti bagaimana sandal ini dibuat, minimal Anda mengetahui basic pembuatannya.

# Cari ide melalui sekeliling Anda

Selanjutnya Anda harus menyisipkan ide untuk produk yang akan Anda buat, jangan sampai sandal Anda nantinya memiliki kesamaan dengan produk yang ada diluar sana karena Anda begitu malas untuk mencari ide. Manfaatkan situasi sekeliling untuk mencari ide, tidak ada salahnya untuk melihat tipe sandal seperti apa yang banyak digunakan pada lingkungan sekitar. Anda juga bisa melihat-lihat katalog sandal mengenai trend terbaru untuk memberikan gambaran awal ide anda. Misalnya: trend saat ini masyarakat lebih menyukai sandal dengan alas empuk seperti bantal.


# Ketahui pelaku distributor bahan baku

Anda tentu ingin bersungguh-sungguh dalam membangun sebuah usaha bukan? Salah satu bentuk kesungguhan dalam berusaha adalah menjalin relasi dengan distributor. Disini Anda sebaiknya memiliki relasi dengan distributor bahan baku, karena bahan baku sangat erat dengan keberhasilan produk yang akan Anda buat. Jika Anda malas untuk mencari penjual tangan pertama, dan memilih untuk mencari bahan baku dari penadah, hal ini bisa berdampak pada keuntungan nantinya.

Lalu, bagaimana dengan persoalan modal? Mengingat sandal memiliki jumlah pengguna yang banyak dari segala kalangan usia, maka disini Anda harus bijak menentukan pilihan market yang akan Anda tuju. Sebagai contoh, jika Anda memutuskan masuk ke dalam pasar sandal anak, maka Anda bisa membuat produk yang memiliki ciri khas anak-anak, yaitu lucu dan berwarna. Anda bisa memasukan unsur karakter seperti tokoh kartun, binatang sampai pada kreasi ciptaan Anda sendiri, yang terpenting adalah terdapat unsur yang sesuai pada pangsa pasar Anda.

Berapa banyak stok yang harus disediakan? Ada beberapa trik mengenai jumlah barang yang akan diproduksi sebaiknya berapa jumlahnya, salah satunya:

1. Mainkan strategi marketing, berikan eksklusifitas bagi konsumen Anda nantinya, misalkan sandal jenis A hanya diproduksi sebanyak 50pcs dan seterusnya.

2. Apabila Anda memilih untuk bermain partai besar, pastikan sebelumnya Anda sudah memiliki rekanan untuk menjual produk Anda. Jangan sampai stok menumpuk di gudang.

Dengan segala potensi yang dimiliki dari usaha berjualan sandal unik diatas maka bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menggelutinya. Lebih lanjut, bisnis ini sangat memungkinkan untuk dimulai dari usaha rumahan sehingga Anda bisa hemat untuk modal tempat dan bisa berkonsentrasi pada penggunaan bahan baku yang baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berjualan Sandal Unik