Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Bisnis Jasa Potret

Salah satu hobi yang paling digemari saat ini adalah fotografi. Fotografi memungkinkan seseorang untuk sekedar jepret-jepret objek menarik, selain itu hobi ini sarat dengan mengabadikan suatu momen, baik penting maupun tidak sengaja. Jika Anda memiliki passion pada bidang ini, maka Anda bisa menengok peluang bisnis yang bisa dihadirkan oleh hobi ini, yaitu bisnis jasa potret.

Bukti nyata yang paling mudah untuk melihat bagaimana bisnis ini sangat berkembang adalah menjamurnya pasangan yang akan menikah untuk melakukan foto prewedding. Prewedding atau akrab disebut prewed, merupakan sebuah trend beberapa tahun kebelakang yang sepertinya telah berubah menjadi sesuatu yang wajib bagi mereka yang akan melangsungkan pernikahan. Foto prewed merupakan salah satu bentuk jenis foto yang bisa ditawarkan pada usaha ini, Anda bisa menawarkan jenis foto lain seperti foto pribadi, foto kelas (untuk booklet), foto produk dan lainnya.

Untuk memulai bisnis jasa potret, maka Anda sebaiknya mencermati tips berikut:

1. Meskipun memotret ada unsur bakat, pada dasarnya jika Anda memiliki keinginan kuat untuk belajar, maka ini sudah menjadi satu modal berharga untuk memulai usaha ini.


2. Memiliki perangkat kamera sendiri sepertinya wajib. Jenis kamera yang cocok digunakan untuk terjun dalam bisnis ini tentunya adalah DSLR. Kamera DSLR memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, dan kamera ini memang biasa digunakan oleh para profesional. Karena Anda akan menggeluti usaha ini, maka tentu Anda sudah memasuki lingkungan profesional.

3. Mempertimbangkan masuk kepada komunitas fotografi adalah langkah bagus untuk belajar sebanyak-banyaknya tidak hanya mengenai kamera namun juga cara pengambilan gambar yang baik. Dengan itu, Anda bisa menghemat jutaan rupiah untuk mengambil kursus.

4. Tidak perlu bingung untuk memilih perangkat kamera apa yang akan Anda beli. Paradigma yang menyatakan bahwa semakin mahal kamera maka hasilnya semakin bagus sepertinya masih berada dalam zona abu-abu. Jika Anda memang pro, maka tentu paradigma tersebut akan bekerja untuk Anda. Bagi Anda yang pemula, Anda harus mencermati bahwa semakin mahal suatu kamera maka petunjuk yang Anda dapatkan dari kamera itu semakin sedikit. Tidak percaya? Silahkan Anda tanya para fotografer yang sudah terjun pada bisnis ini terlbih dahulu.

Bisnis potret juga tidak tertutup hanya kepada mereka yang memiliki modal memadai untuk membeli perangkat yang baik berikut aksesoris yang dibutuhkan. Pada kenyataanya tidak sedikit yang membuka usaha ini tanpa kamera sekalipun. Lalu, bagaimana mereka membuka usaha ini jika tidak memiliki perangkat sendiri? 

Manfaatkan teman atau saudara/I Anda, Anda bisa juga memberikan mereka kompensasi, atau jika benar-benar mentok, Anda dengan mudah bisa menyewa perangkat kamera di tempat penyewaan. Tentunya Anda tidak perlu memberi tahu klien Anda bahwa kamera Anda adalah pinjaman bukan?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bisnis Jasa Potret