Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Bisnis Rental Komik, Koleksi Sekaligus Raup Penghasilan

Anda tentu tidak asing dengan komik, sebuah buku yang menyediakan gambar-gambar bercerita yang biasa Anda baca ketika kecil dulu. Tidak hanya pada saat masa kanak-kanan, komik sampai saat ini masih digandrungi bagi banyak orang, karena masih diminatinya karakter dalam komik ini. 

Walau teknologi semakin canggih sehingga memungkinkan pembacanya untuk menikmati komik dari komputer atau gadget lainnya, namun popularitas komik sebagai produk konvensional tetap digemari. Malah, beberapa percetakan sering mengeluarkan komik dalam kemasan spesial untuk merangsang animo koleksi para pembacanya.


Melihat potensi komik yang masih diminati maka tidak ada salahnya untuk mebuka rental komik sebagai potensi penghasil keuntungan. Jika bingung dalam memulainya? Perhatikan tips berikut:

1. Jika Anda memang memiliki koleksi buku komik tertentu. Rapihkan komik Anda sesuai judul, dan cek volume yang Anda miliki. Tidak ada salahnya untuk melengkapi koleksi Anda.

2. Jika Anda tidak memiliki koleksi buku komik yang lengkap untuk di rentalkan, mak tidak perlu khawatir. Anda bisa membeli komik bekas yang masih bagus di tempat-tempat yang menyediakan komik bekas.

3. Komik memiliki trend nya tersendiri. Pelajari judul komik apa yang saat ini sedang digandrungi dan masih berpeluang diminati dalam waktu lama, Anda juga bisa menawarkan judul yang belum terkenal namun memiliki cerita yang bagus.

4. Rekrut pegawai yang mencintai buku. Sangat sulit apabila Anda merekrut pegawai yang tidak memiliki perasaan seputar buku. Dengan memiliki pegawai yang cinta akan buku, maka ia akan menghargai setiap koleksi yang ada di tempat rental.

5. Berlakukan membership. Anda harus memahami bahwa dalam bisnis penyewaan, Anda tidak bisa mematok harga terlalu tinggi. Alternatif pendapatan yang bisa anda dapatkan yaitu melalui proses membership. Bisa mingguan atau bulanan. Tawarkan harga yang menarik berikut keuntungan yang didapatkan para pemilik kartu member.

Diluar tips tersebut, Anda bisa memperhatikan lokasi mana yang akan Anda pilih untuk menjalankan usaha tersebut. Bisa dirumah Anda sendiri, jika Anda memiliki space yang lega, bisa juga menyewa tempat khusus. Anda bisa juga menambahkan fasilitas lain seperti WiFi bagi para pembaca, atau menjajakan jajanan bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu baca di tempat.

Hambatan terbesar yang sepertinya ditemui hampir setiap pelaku bisnis ini adalah masalah pengembalian. Sudah bukan rahasia umum bahwa lupa menjadi musuh bagi para mereka yang membuka usaha rental. Yang lebih gawat, apabila yang meminjam adalah seseorang yang tidak bertanggung jawab. Untuk mencegah hal ini, maka Anda harus pintar-pintar membuat peraturan yang ketat, namun tetap bisa bersahabat dengan para pelanggan agar tidak membuat mereka terganggu/keberatan untuk menyewa komik kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bisnis Rental Komik, Koleksi Sekaligus Raup Penghasilan