Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Buka Usaha Cuci Kiloan Yuk!

Pakaian yang bersih, tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun terkadang, karena kesibukan, malas dan alasan lainnya, tidak sedikit menyebabkan seseorang tidak sempat untuk merawat pakaian mereka. Merawat pakaian sendiri terdiri dari mencuci dan menyetrika, terkadang ada yang hanya ingin mencuci dan hanya ingin menyetrika. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan membuka usaha cuci kiloan.

Usaha cuci kiloan merupakan salah satu usaha dengan modal kecil-menengah yang masih sangat diperlukan saat ini dan profit yang bisa dihasilkan cukup menggiurkan. Anda bisa membayangkan berapa banyak orang yang berada di sekitar lingkungan Anda, pasti banyak, sangat banyak! Diantara kumpulan orang yang sangat banyak tersebut tidak sedikit yang membutuhkan jasa cuci, di dukung dengan kesibukan orang-orang yang sangat beragam. 

Disini Anda bisa mematok pasar Anda, misalkan seorang pegawai, dimana dengan rutinitas sehari-hari, maka setelah selesai bekerja hal yang akan mereka lakukan adalah beristirahat, begitupun di saat hari libur, Anda bisa lho menjual jasa Anda kepada tipe orang seperti ini. Untuk memulai usaha ini, tentu pengetahuan dasar mengenai pakaian yang bersih harus Anda miliki. 

Tidak perlu pendidikan khusus, Anda dengan mudah bisa belajar bagaimana mencuci pakaian yang benar, mengeringkan pakaian di tempat yang tepat, sampai pada menyetrika dengan pas. Anda juga harus mengenal macam noda dan bagaimana cara ampuh untuk menghilangkan noda tersebut, jangan sampai usaha Anda mendapatkan keluhan karena Anda tidak bisa dalam membersihkan noda di pakaian konsumen Anda. 

Dari hal yang sudah dijelaskan, bukan berarti Anda yang harus melakukan semua itu, terutama jika Anda memiliki kesibukan sendiri, Anda bisa menyewa pegawai untuk menjalankan usaha Anda, namun setidaknya Anda harus memiliki pengetahuan akan cuci-mencuci.

Jika Anda sudah paham luar dalam dunia laundry, maka Anda sudah bisa masuk ke dalam area penentuan modal. Disini lagi-lagi Anda diharuskan untuk melakukan riset mengenai mesin cuci yang baik, pengering sampai kepada setrika dan hal kecil seperti gantungan baju. Sebaiknya pemilik usaha yang mencari peralatan yang dibutuhkan karena hal ini tentu menghindari kesalahan yang bisa dilakukan orang yang misalkan Anda tunjuk untuk mengurus pembelian. Jangan lupakan peralatan penunjang, seperti tempat yang nyaman bagi pegawai Anda.

Anda harus paham bahwa pelaku bisnis cuci kiloan mungkin saat ini sama banyaknya dengan pemilik usaha rumah makan. Tidak perlu pesimis dengan keadaan ini, karena selalu ada strategi yang bisa Anda gunakan sebagai pedoman. Perhatikan beberapa tips berikut:

1. Cari lokasi di tempat lingkungan pekerja
Disitu ada pekerja, maka disitu terdapat pula pakaian yang kotor! Lebih bagus lagi jika lokasi usaha Anda berada di lingkungan kos-kosan.

2. Cari lokasi di sekitar kampus
Mahasiswa merupakan salah satu tipe konsumen yang ingin Anda buru. Biasanya mereka memiliki rasa malas luar biasa untuk membersihkan pakaian sendiri.

3. Ketepatan waktu
Saking banyaknya pakaian yang masuk, tidak jarang pengelola hanya bisa memberikan janji-janji palsu kepada konsumen mereka terkait kapan selesainya pakaian mereka bisa diambil. Apabila pelayanan Anda bagus, mungkin tidak jadi masalah. Namun, selalu waspada bahwa konsumen memiliki penilaian yang tidak bisa ditebak.

4. Ketelitian
“Mas, pakaian saya yang ini kok tidak ada?”. Kalimat ini cukup akrab bagi mereka yang menjalankan usaha cuci-kiloan tanpa ketelitian yang tinggi. Tidak hanya urusan angka-angka saja yang membutuhkan ketelitian tinggi, jangan sampai pakaian konsumen bisa tertukar, atau lebih parahnya hilang. Karena hal tersebut akan melunturkan kepercayaan yang datang pada anda. Jadi berikanlah yang terbaik.

Modal awal yang kira-kira dikeluarkan untuk bisnis ini kurang dari 20 juta, disesuaikan dengan tempat dan kebutuhan. Semoga tips yang diberikan cukup memberikan gambaran kepada Anda yang akan membuka usaha cuci kiloan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Buka Usaha Cuci Kiloan Yuk!