Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Cara Terbaik Menaikan Harga Produk

Selain mencari formula terbaik untuk menghasilkan produk yang benar-benar bagus untuk dijual kepada konsumen, bagi Anda para pengusaha jangan pernah lupa untuk mempelajari cara yang tepat ketika Anda harus menaikan harga produk yang Anda jual.

Pada dasarnya situasi yang bernama kenaikan harga adalah sesuatu yang sangat dikeluhkan oleh semua orang, tidak terkecuali si pengusaha itu sendiri. Seorang pengusaha biasanya harus menaikan harga produk mereka dikarenakan bahan baku untuk membuat produk itu juga ikut naik. 

Belum lagi biaya-biaya lain yang berhubungan dengan pembuatan produk tersebut bukan tidak mungkin 
mengalami kenaikan juga, karena di Indonesia sangat kental dengan istilah ‘’ikut-ikut naik’’. Apabila tidak menaikan harga jual, yang terjadi adalah keuntungan yang di dapat nantinya tidak optimal atau yang lebih parah malah merugi.

Jika Anda tengah terjebak dalam situasi yang cukup menguras pikiran ini, berikut ada beberapa cara terbaik yang mungkin bisa diterapkan.


Harga Naik = Kualitas Bertambah Baik

Hal yang mungkin terjadi ketika Anda mengumumkan kenaikan harga adalah pelanggan Anda mungkin kesal, berusaha menyalahkan Anda sebagai penjual, kemudian meninggalkan Anda untuk mencari penjual yang menjual produk serupa dengan harga lebih murah. Untuk mensiasati hal ini, Anda bisa memberikan jaminan kepada konsumen Anda bahwa kenaikan harga yang terjadi akan menambah keuntungan yang didapatkan. Misal produk atau service yang di beri adalah produk kualitas nomor satu sesuai dengan harga.

Diskusi

Nyatanya, berdiskusi dengan pelanggan bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan seorang pengusaha yang takut kondisi bisnisnya diketahui. Konsumen sekarang ini sangat menuntut seorang penjual yang memiliki daya komunikasi yang luar biasa. Dengan mengajak diskusi perihal kenaikan yang harus dilakukan, tidak ada salahnya mendengarkan pendapat mereka sebelum menentukan berapa besaran kenaikan tersebut. 

Tidak perlu khawatir apabila konsumen Anda tidak merestui kenaikan tersebut. Dimana ada dua sudut pandang, selalu ada jalan tengah yang bisa dirumuskan. Contoh : Seorang penjahit harus menaikan ongkos tarif pembuatan baju dikarenakan harga benang naik. Hal ini bisa disiasati penjahit dengan memberikan opsi banyak bahan benang misal ada bahan yang lebih murah walaupun kualitas tidak lebih baik dari yang mahal.

Cepat Memberikan Informasi

Seorang pelanggan sangat suka mendapat perlakuan istimewa dari penjual. Memberikan informasi yang cepat ketika terjadi hal apapun termasuk naiknya harga merupakan tindakan penting yang bisa dilakukan oleh pengusaha. Dengan adanya informasi yang cepat, maka pelanggan Anda nantinya tidak akan heran sewaktu-waktu akan membeli sebuah produk.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Terbaik Menaikan Harga Produk