Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Mari Mengintip Peluang Bisnis Di Area Perumahan

Siapa yang mengira bahwa area perumahan merupakan salah satu lokasi strategis untuk berbisnis. Sejatinya sebuah area perumahan terdiri dari beberapa rumah yang terletak pada suatu kawasan. Adapun kebutuhan yang berbeda yang dimiliki suatu keluarga, menimbulkan adanya potensi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Silahkan intip beberapa peluang bisnis yang bisa Anda buka di area perumahan:

1. Bisnis Bersih-Bersih

Siapa yang tidak menginginkan area di sekitar rumahnya memiliki tingkat kebersihan yang baik? Tentu semua orang ingin selalu terlihat bersih dan rapi, namun yang menjadi kendala tentu niat untuk bersih-bersih. Jangankan membersihkan area kompleks, bersih-bersih rumah sendiri saja terkadang bisa menjadi tugas yang sangat berat bagi sebagian orang. Dengan latar belakang seperti itu, bagaimana seseorang bisa aktif membersihkan area kompleks?.


Disinilah Anda bisa menyusup masuk dengan memberikan penawaran Anda untuk membersihkan area perumahan tempat Anda tinggal. Caranya sederhana, tinggal datangi RT/RW setempat dan ajukan permohonan kerja sama pembersihan lingkungan. Hal ini biasanya ditanggapi positif, karena jika menunggu dinas kebersihan dari area kompleks sendiri kadang selalu saja ada hambatan. 

Anda lalu bisa menyewa karyawan dan mengumpulkannya dalam suatu unit, serta mulai melakukan pembersihan di waktu tertentu. Keuntungan bisa di dapat dengan menarik iuran dari warga setempat. Berikan mereka sifat optional, artinya Anda tidak memaksa seseorang untuk membayar iuran. Hal-hal yang harus Anda persiapkan antara lain:

izin
tenaga kerja
mobil bak pengangkut sampah (bisa sewa)
schedule yang tepat waktu
Permasalahan mungkin akan muncul ketika pihak pengelola rumah terusik dengan usaha Anda, untuk meredam hal ini, Anda bisa melakukan kesepakatan kerjasama dengan menyisipkan berapa persen sebagai bentuk kerjasama. Tetapi, jangan mau dipalak secara cuma-cuma, Anda bisa menyiapkan proposal kerjasama yang menarik untuk diajukan kepada pihak pengelola.

2. Bisnis Catering

Terkadang kesibukan juga bisa membuat seseorang lupa makan. Ya, hal ini umum sekali terjadi, boleh saja sesekali begitu, tapi jangan sampai membuat seantero keluarga kelaparan! Untuk mensiasati hal ini, Anda bisa menawarkan jasa catering. Usaha ini terbukti jitu untuk mencari untung. Kebutuhan orang untuk makan tentu merupakan hal yang primer, dengan teknik promosi yang tepat Anda sukses menjajakan usaha Anda. Sebelum memulai perhatikan hal berikut mengenai usaha catering:

Jangan asal-asalan membuat menu makanan. Menu makanan yang Anda tawarkan setiap harinya bisa mempengaruhi selera konsumen. Jika Anda sudah membuat makanan Anda dalam bentuk paket, maka Anda bisa menawarkan konsumen untuk memilih paketnya sendiri.
Perhatikan kualitas makanan dengan teliti. Tidak jarang catering mendapatkan label ‘’yang penting bisa dimakan’’. 

Sementara, tentu Anda tidak ingin di cap sedemikian rupa. Maka pastikan tukang masak Anda mengerti baik hal ini, sehingga konsumen merasa senang dan tidak cemas terhadap masakan Anda.
Selain masakan utama, Anda juga bisa menyisipkan menu seperti kue-kue dan minuman segar.

3. Bisnis Laundry

Urusan cuci-mencuci juga menjadi permasalahan sendiri bagi keluarga yang sangat sibuk dengan rutinitas mereka. Anda bisa menangkap peluang ini dengan menawarkan jasa cuci. Positifnya karena berada di satu area kompleks, Anda tidak perlu menghabiskan banyak bensin untuk melakukan delivery pakaian yang telah dicuci. Berikut merupakan tips untuk membuka usaha laundry di area perumahan:

Sebaiknya tidak hanya berkonsentrasi di area perumahan Anda, terutama jika jumlah rumah di area perumahan tersebut tidak begitu banyak. Jangan menyempitkan pangsa pasar Anda, Anda juga bisa menyebarkan brosur ke perumahan lain yang ada di sekitar area Anda.

Selalu perhatikan kualitas cuci.
Anda bisa memberikan opsi cuci mingguan atau bulanan kepada konsumen, jadi tidak hanya sebatas cuci kiloan.

Demikianlah beberapa bentuk usaha yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi Anda berbisnis di lingkungan perumahan. Masih banyak bisnis lain yang bisa di eksplorasi, namun ketiga bisnis tersebut merupakan salah satu unit bisnis yang umum yang ada di area perumahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mari Mengintip Peluang Bisnis Di Area Perumahan