Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Memulai Usaha Bubur Ayam

Bubur ayam merupakan salah satu menu favorit di Indonesia, makanan ini biasa di santap di pagi hari pada jam sarapan sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Meskipun sekarang ini banyak juga ditemui penjual bubur hingga tengah malam sekalipun. Rasanya yang gurih, serta teksturnya yang tipis, serta lumayan mengenyangkan menjadi alasan mengapa makanan ini begitu digemari, ditambah bahan dasar nasi yang memang merupakan makanan pokok bangsa ini.

Penjual bubur ayam hampir pasti selalu ada di tiap kota dan bisa ditemui hampir di setiap sudut kota. Begitu dicintainya bubur ayam, sampai-sampai ada juga judul sinetron di saluran televisi yang menggunakan tema penjual bubur. Dengan potensi besar bahwa bubur ayam merupakan makanan yang digemari, apakah ada celah bagi para pebisnis untuk terjun ke usaha ini? Lalu langkah apa yang harus diambil untuk membuka usaha bubur ayam? Simak beberapa hal berikut:

1. Meskipun Anda lebih suka menggunakan pegawai untuk memasak bubur, bukan berarti Anda tidak bisa lepas tangan begitu saja. Setidaknya Anda harus mencari tahu lebih dahulu bagaimana sih cara membuatnya bubur yang benar-benar enak dan bisa dikonsumsi orang banyak. 


Diperlukan sedikit waktu untuk menentukan formula yang tepat untuk menghasilkan bubur yang benar-benar enak, namun salah satu trik untuk mempelajarinya yaitu dengan memperhatikan tukang bubur yang menurut Anda enak, atau setidaknya terkenal di daerahnya. Bubur ayam selalu dimasak dihadapan para konsumennya, jadi tidak sulit bagi Anda untuk mengintip.

2. Bumbu yang Anda gunakan adalah pembeda. Karena pada dasarnya bubur bersifat kenyal (ada yang encer), namun yang membedakan nikmat atau tidaknya makanan ini sangat tergantung kepada bumbu yang dimasukan di dalamnya. Bumbu ini juga merupakan faktor rahasia setiap tukang bubur yang berjualan, sehingga untuk menghasilkan bumbu yang benar-benar berbeda dibutuhkan pengalaman dan kreasi tentunya.

3. Jika Anda benar-benar tidak ingin turut campur dalam hal memasak, bumbu dan semacamnya, maka Anda perlu sangat jeli dalam memilih tukang masak Anda. Pilihlah tukang masak Anda yang benar-benar memiliki cita rasa baik, tanggap terhadap kritik, serta memiliki pengalaman yang bagus. Hal ini akan membantu mempertahankan cita rasa yang ingin Anda bangun.

4. Gunakan tema yang menarik untuk usaha Anda. Hal ini sangat penting mengingat tukang bubur sangat-sangat banyak dimana-mana, jadi Anda harus berpikir keras untuk membangun sebuah jati diri usaha Anda sehingga bubur Anda bisa dikenal. Contohnya: Bubur Ayam Cola.

Berikut juga akan diberikan sedikit gambaran modal awal yang harus Anda keluarkan:

Gerobak = Rp. 4.000.000,-
Peralatan Memasak = Rp. 1.000.000,-
Meja + Kursi = Rp. 2.000.000,-
Modal awal tersebut bisa berubah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pada dasarnya modal awal untuk memulai usaha ini tidaklah begitu menentukan penjualan Anda nantinya, karena lagi-lagi untuk membuka usaha yang sudah sangat pasaran, jati diri usaha Anda yang akan menjadi penyelamat usaha Anda kelak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Memulai Usaha Bubur Ayam