Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Mengenal Bisnis Franchise

Salah satu potensi bisnis yang cukup diminati di tengah masyarakat modern saat ini adalah bisnis franchise. Franchise yang bila diterjemahkan berarti waralaba adalah sebuah bentuk usaha dimana seseorang dapat menggunakan hak paten franchisor (pemilik bisnis) guna mencari laba tanpa harus tersandung urusan hak cipta. Bisnis ini bisa dikatakan cukup mudah dilakukan karena yang dibutuhkan hanya sebuah modal untuk membeli franchise unit usaha tertentu.

Yang jarang diperhatikan oleh para pemula adalah bagaimana bisnis ini juga dapat berlaku seperti bom waktu, apabila orang tersebut tidak dapat mengelola franchise nya dengan baik. Tidak serta merta setelah membeli hak paten sebuah bisnis, seorang pebisnis akan mendapatkan keuntungan yang sama dengan pihak pertama. Pada kasus ini, tidak sulit untuk menemukan banyaknya kerugian yang dialami oleh orang-orang yang tidak mempertimbangkan dengan serius franchise yang ingin mereka beli.


Berikut beberapa hal yang harus anda ketahui untuk mengenal bisnis franchise:

1. Nama Besar Tidak Selalu Menjamin
Nama besar sebuah unit bisnis tentu bisa mempengaruhi sebuah pendapatan karena mungkin sudah banyak dikenal masyarakat, produknya sudah teruji, dan alasan lainnya. Jika berbicara dari sudut pandang yang baik, tentu hal-hal tersebut sudah cukup untuk membuat kita tertarik. Harap berhati-hati bagi calon penggeliat usaha ini.

Karena apabila terlalu menonjolkan nama besar usaha, hasil yang di dapat bisa saja sebaliknya. Contohnya apabila pemula di bidang ini tidak mengerti soal pemasaran atau menentukan lokasi yang tepat bagi usahanya, hal ini akan menjadi bom waktu kegagalan usaha.

 2. Terlalu Percaya Dengan Angka Balik Modal
Siapapun memulai usaha pastinya memerlukan modal untuk menjalankan usahanya, setelah itu yang ada di pikiran setiap pemula bisnis pasti bagaimana mengembalikan modal yang sudah mereka keluarkan. Pihak franchisor tentu akan menjalankan segala macam kiat promosi untuk menarik calon pembelinya. Jangan terlalu percaya dengan nilai balik modal yang mereka janjikan, karena sejatinya, keuntungan itu bisa dicapai bila menggunakan perencanaan yang matang dan keberuntungan.

3. Santai Dalam Menjalankan Usaha
Pembeli usaha ini harus mengerti bahwa tidak ada kata santai untuk usaha seperti ini. Anda harus mengingat bahwa pihak franchisor terus melakukan kiat promosi, tidak hanya menjual hak paten mereka, namun juga dari produk mereka sehingga produk franchisenya bisa laku. Jadi jangan bersantai walau anda sudah membeli franchise dengan nama yang besar, seorang pebisnis tentu harus melakukan segala cara positif untuk membuat dagangan mereka laku, jadi apabila orang tersebut memiliki pribadi yang santai, maka bisnis ini tidak cocok dengan karakter seperti itu.

4. Memilih franchise yang benar
Jangan pernah menyepelekan sesuatu yang kecil atau masih berkembang. Coba tengok bahwa seekor gajah tentu akan tumbang juga jika diserbu oleh banyak pasukan semut. Hal ini juga berlaku dalam bisnis franchise. Rajin melakukan riset, melihat pasar dan trend terkini bisa sangat membantu dalam memilih unit usaha franchise yang akan dipilih.

Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Bisnis Franchise