Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Mengenal Bisnis Pemancingan Ikan

Setiap hal yang berkaitan hobi pasti erat kaitannya dengan kegiatan yang menyenangkan. Hobi selalu dianggap sebuah aktivitas untuk melepas penat yang bertujuan untuk refreshing dari hingar bingarnya aktivitas sehari-hari. Dewasa ini bahkan hobi telah bertransformasi menjadi sebuah lumbung pemasukan bagi para penggiatnya, hobi apapun pada dasarnya bisa dijadikan suatu unit bisnis apabila seseorang mengetahui triknya, tidak terkecuali memancing.

Memancing merupakan salah satu hobi menyenangkan yang mudah untuk dilakukan, selain mengajak para penikmatnya untuk berlaku sabar, kegiatan ini sarat akan kejutan, karena dengan modal sebuah umpan, pemancing tidak akan pernah tau apa yang akan mereka dapatkan. Memancing mungkin lebih terkenal sebagai sebuah hobi yang butuh uang banyak, karena selain melakukan ekspedisi di laut lepas, para pemancing juga harus memiliki perlengkapan yang memadai, meskipun banyak juga yang menyewakannya. 


Tetapi tidak perlu khawatir, karena daripada harus memancing dengan resiko luar biasa di laut lepas, Anda bisa membuka tempat pemancingan di kolam buatan air tawar yang juga tidak kalah diminatinya. Berikut merupakan hal-hal yang harus Anda perhatikan jika ingin membuka tempat pemancingan ikan:

1. Lokasi
Anda setidaknya membutuhkan wadah yang cukup luas untuk memberikan kenyaman bagi para konsumen Anda. Anda bisa membangun kolam kecil atau kolam yang cukup luas.

2. Pemberdayaan Ikan
Anda tidak harus selalu memperbaharui ikan setiap kali stok ikan di kolam mulai menipis, Anda bisa memanfaatkan pemberdayaan ikan di tempat usaha Anda.

3. Pengelola harus professional
Anda tidak bisa sembarangan merekrut orang untuk melakukan pekerjaan ini. Disiplin sangat diutamakan pada bisnis ini. Jangan sampai ikan di kolam Anda habis karena pekerja Anda lupa memberi makan sehingga ikan mengalami kematian.

Sebagai acuan, bisnis ini memang dikategorikan sebagai bisnis menengah karena modal awal dan biaya operasional yang dikeluarkan cukup besar. Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari bisnis seperti ini? Biasanya tempat pemancingan memberlakukan aturan jam-jaman.

Seorang pemancing harus membayar sejumlah uang untuk bisa memancing, sementara untuk mendapatkan profit maksimal, Anda bisa melakukan inovasi seperti menyediakan fasilitas memasak bagi mereka para konsumen Anda yang berhasil menangkap ikannya. Anda tentu bisa mengenakan tarif bagi mereka yang ingin masak dan makan di tempat.

Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai pemilihan tempat yang cocok sebagai tempat usaha, jenis ikan yang bisa hidup di air tawar, dan lainnya. Selamat berbisnis!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Bisnis Pemancingan Ikan