Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Metode Penjualan Produk Paling Populer

Keberhasilan suatu produk tentu merupakan kolaborasi dari strategi penjualan yang tepat serta konsistensi kualitas produk yang selalu terjaga. Langkah selanjutnya adalah menggunakan segala macam cara untuk menyebarluaskan produk tersebut. Dalam menentukan cara penjualan tentu tidak selalu harus ditentukan pada awal memulai usaha, malah tahap ini bisa berubah di tengah jalan karena target market bisa saja semakin spesifik atau bahkan meluas. 

Berikut merupakan empat metode paling populer yang biasa digunakan untuk menjual produk yang bisa diterapkan.

1. Membuka Tempat Usaha
Bagi pengusaha yang memiliki budget cukup lega, tidak ada salahnya untuk menggunakan metode yang paling populer ini. Dengan memiliki tempat usaha sendiri, maka nilai kredibilitas pengusaha tersebut tentu bertambah. Adapun macam tempat usaha yang bisa dimanfaatkan antara lain menyewa kavling di pusat perbelanjaan, menyewa lapak di pasar tradisional, membuka warung dan lainnya. 


Jika memilih cara ini, maka hal yang paling penting adalah mengetahui target market yang ingin dituju. Dengan mengetahui target market, maka seorang pengusaha bisa menentukan apakah lokasi yang dipilih nantinya cukup strategis atau tidak. Ke-strategisan suatu tempat merupakan dambaan setiap pengusaha, namun hal ini juga menjadi salah satu hal yang paling sulit untuk dicapai, terbukti dengan banyaknya usaha berjatuhan karena seorang pengusaha berjualan di tempat yang salah.

2. Berjualan Keliling

Metode ini mungkin cukup kuno, tapi jangan salah metode ini masih bisa diandalkan. Menggunakan metode ini juga memiliki nilai tambah yaitu kedekatan dengan masyarakat setempat. Asalkan produk yang ingin ditawarkan tepat, maka tidak sulit untuk merebut hati calon konsumen. Beberapa contoh produk yang biasa dipasarkan keliling antara lain pangan (makanan, minuman), perkakas (panci, kompor), dan jasa. Metode berjualan keliling juga umum digunakan untuk melakukan promosi.

3. Titip Jual

Titip jual merupakan metode yang cukup potensial untuk dijajal bagi seorang pebisnis. Meskipun sistem titip jual merupakan sistem bagi hasil, namun faktanya usaha ini juga cukup diandalkan bagi banyak unit usaha yang beredar di tengah masyarakat. Produk yang paling marak tentunya pada bidang makanan. Dengan metode ini, seorang pebisnis tidak perlu susah payah untuk melakukan promosi karena hal tersebut akan dilakukan oleh tempat ia menitip produknya.

4. Franchise

Menjual hak paten unit bisnis, merupakan trend di dunia usaha yang tengah meluas seperti wabah virus sekarang ini. Targetnya tentu adalah para pemula yang ingin terjun ke dalam bisnis, namun tidak memiliki ide untuk memulai. Seorang pebisnis sering menggunakan metode ini untuk menjadikan pemula-pemula yang tengah kebingungan ini sebagai sasaran empuk untuk menjual produk. 

Metode ini juga bisa dibilang metode yang paling banyak mendatangkan profit, karena jika seseorang tertarik akan usaha tertentu, maka nominal uang bukanlah sebuah masalah. Namun, masalah yang bisa datang dari metode ini adalah seorang pebisnis malas untuk berinovasi karena berkonsentrasi menjual hak paten bukan menghasilkan produk terbaru.

Dengan empat pilihan yang sudah diterangkan, maka pebisnis diharapkan tidak perlu bingung untuk memilih metode mana yang akan di aplikasikan. Bahkan jika usaha telah berkembang pesat, bukan tidak mungkin untuk mengkombinasikan satu atau dua metode, atau mengoptimalkan keempat metode tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Metode Penjualan Produk Paling Populer