Ide Bisnis dan Ide Usaha Unik dan Kreatif untuk Anda Coba

Peluang Usaha Cemilan Homemade

Cemilan, bahasa populer yang biasa digunakan untuk mengganti makanan ringan (snack), merupakan salah satu unit bisnis paling laris yang digeluti banyak industri rumahan (homemade). Untuk melihat peluang bisnis ini coba anda perhatikan anggota keluarga Anda di rumah, jika salah satu diantara keluarga Anda ada yang memiliki bakat membuat makanan ringan, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan bakat tersebut sebagai sumber pendapatan keluarga Anda. Tidak harus berpatokan kepada anggota keluarga, bisa saja keluarga jauh, kerabat, atau bahkan Anda menyewa pegawai yang memiliki ketrampilan membuat kue. 

Selain kebutuhan akan makanan pokok, rupanya masyarakat modern saat ini cukup memperhatikan asupan dari makanan ringan atau cemilan. Cemilan selalu menjadi sahabat akrab dikala seseorang merasa lapar namun tidak ingin makan terlalu banyak, atau dari yang sengaja mengkhususkan diri untuk mencoba jajanan baru. Untuk menjalankan usaha ini tentu Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit, karena usaha ini tergolong masuk kategori usaha menengah. Setidaknya Anda membutuhkan perlengkapan pembuat cemilan dengan lengkap, pegawai, sampai kepada promosi yang nantinya akan sangat berguna.


Untuk masuk ke dalam pasar jajanan rumahan seperti ini ada baiknya Anda mempelajari trend-trend sebelumnya. Jangan sampai Anda membuat produk yang sudah ada sebelumnya, karena selain bisa dianggap basi, Anda bisa saja terganjal hak paten. Jika Anda seseorang yang ingin menciptakan trend, maka Anda harus berani beda dari pada kompetitor Anda. Bagi yang memiliki warisan resep tradisional keluarga, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai sumber inspirasi membuat cemilan.

Langkah selanjutnya setelah menentukan pasar dan produk yang akan dibuat, maka Anda harus membuat perencanaan yang matang dari segi produksi dan membagi tugas kepada orang-orang yang akan terlibat dalam proses produksi. Keuntungan dari bisnis homemade adalah tidak diperlukan banyak orang untuk menjalankannya, sehingga Anda tidak akan dipusingkan dengan job desk yang harus dikerjakan. 

Intinya ada pada bagian pembuat cemilan, promosi dan keuangan. Jika sudah sukses maka Anda dengan fleksibel dapat menambah beberapa bagian lagi, namun apabila masih baru, jangan terlalu memaksa untuk membuat sistem yang komplek karena akan menambah beban anggaran. Terakhir adalah promosi. Buang jauh rasa malu, karena untuk melakukan promosi bukanlah hal yang sulit. Pikirkan hal yang bisa menjadi motivasi Anda menjual produk Anda, seperti modal yang harus bisa dikembalikan dalam kurun waktu tertentu, dan lain lain. 

Apabila dirasa kurang Anda selalu bisa memanfaatkan jasa promosi yang mudah dicari. Anda juga bisa menjalin relasi dengan warung, mini market, sampai super market, disesuaikan dengan pasar yang anda tuju. Gunakan konsep bagi-hasil, karena meskipun keuntungan Anda akan berkurang, namun cara ini cukup berhasil untuk menjual produk kepada konsumen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peluang Usaha Cemilan Homemade